Sukses

6 Tips Persiapan Rumah Menghadapi Musim Hujan

Salah satu hal yang perlu diwaspadai ketika musim hujan datang adalah rumah bocor.

Liputan6.com, Bandung - Beberapa daerah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Salah satu hal yang perlu diwaspadai ketika musim hujan datang adalah rumah bocor.

Penyebab kebocoran atap pun beragam. Mulai dari atap yang melebar, pemasangan genting yang kurang baik, permasalahan talang air, celah di bubungan atap, atau sampah di atap.

Karena itu, Anda perlu menyiapkan beberapa hal agar hunian tidak mengalami kebocoran. Berikut enam tips persiapan kita di rumah menghadapi musim hujan.

1. Periksa dan perbaiki talang air

Penting bagi Anda untuk memeriksa kondisi talang air, pipa pembuangan, dan saluran got di sekeliling rumah. Jangan ada kerusakan atau sumbatan pada sistem pembuangan air.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berikutnya

2. Periksa dan perbaiki atap rumah

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah atap rumah. Musim kemarau dapat membuat material atap rusak atau bergeser. Cek plafon apakah ada indikasi rembesan air yang mengindikasikan atap ada kebocoran.

3. Periksa dan perbaiki sistem ventilasi udara

Ventilasi dalam rumah yang buruk membuat tingkat kelembaban naik. Hal ini menyebabkan kerusakan berbagai material rumah maupun perabotan.

4. Siapkan lampu darurat atau senter

Pohon tumbang atau petir ketika hujan dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan listrik atau terjadi pemadaman. Maka dari itu, siapkan lampu darurat, senter, atau bahkan lilin.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Pangkas tanaman besar di sekitar rumah

Pohon rimbun berukuran sedang dan besar berisiko tumbang karena tidak kuat menahan tiupan angin kencang saat hujan. Memangkas ranting dan daun dapat mengurangi risiko pohon tumbang.

6. Periksa kelistrikan menjelang musim hujan

Pastikan seluruh kabel dalam kondisi baik, tidak rapuh atau mengelupas. Upayakan tidak ada kabel di lantai pada area yang berpotensi basah. Jika ada potensi banjir, pindahkan stop kontak ke lokasi yang lebih tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.