5 Bumbu Dapur Ini Bikin Aroma Makanan Jadi Lebih Harum

Oleh Switzy Sabandar pada 18 Agu 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 18 Agu 2022, 21:00 WIB
Bumbu dapur
Perbesar
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Kiattipong

Liputan6.com, Yogyakarta - Selain rasa dan tampilan yang menarik, aroma masakan juga menjadi salah satu faktor yang dapat menggugah selera makan. Selain menjadi penyedap, ternyata ada beberapa bumbu dapur yang dapat memberikan aroma lezat pada makanan.

Berikut ini beberapa bumbu dapur yang dapat membuat aroma makanan lebih menggugah selera:

1. Serai

Serai memiliki aroma khas yang segar. Kamu bisa memadukan tekstur tahu yang lembut dengan aroma serai yang khas dalam stik pepes tahu.

Selain itu, serai juga merupakan komponen penting dalam membuat sambal matah agar aromanya lebih wangi. Kamu bisa memaksimalkan manfaat serai untuk mengharumkan makanan dengan cara digeprek atau diiris tipis.

2. Daun salam

Aroma daun salam sudah sangat familiar, terutama pada nasi uduk, nasi kuning, nasi liwet, dan lain-lain. Selain untuk olahan nasi, daun salam juga bisa digunakan untuk masakan lainnya.

Banyak resep makanan Indonesia yang memakai daun salam sebagai pengharum sekaligus penyedap makanan, seperti garang asem ayam khas Jawa Tengah. Agar aroma daun salam lebih keluar, kamu bisa menyobek sedikit salah satu bagian daunnya atau meremas daun sebelum memasukkannya ke dalam masakan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Daun Jeruk

3. Daun jeruk

Daun jeruk memiliki aroma khas yang menyegarkan, sehingga menjadi salah satu pilihan bumbu penyedap makanan favorit banyak orang. Daun jeruk bisa dipakai untuk memasak masakan bersantan agar dapat menyeimbangkan aroma santan yang pekat.

Selain untuk makanan berkuah, daun jeruk juga bisa dipakai untuk memasak sajian tumis. Sama halnya dengan daun salam, kamu bisa merobek salah satu bagian daun jeruk, meremasnya, atau melepas batangnya agar aromanya lebih keluar.

4. Daun kemangi

Selain dijadikan lalapan pelengkap masakan ayam atau ikan, daun kemangi juga bisa dicampurkan langsung ke dalam masakan. Daun kemangi dapat menghilangkan aroma amis pada sajian ikan.

Saat dikunyah, daun kemangi juga bisa meningkatkan level pedas pada masakan. Untuk mengeluarkan aromanya, sebaiknya daun kemangi dimasukkan pada tahap akhir memasak, sehingga daun kemangi tidak akan cepat layu dan aromanya tetap tercium.

5. Daun pandan

Jika rekomendasi bumbu dapur di atas cocok untuk masakan gurih dan pedas, daun pandan bisa digunakan untuk masakan bercitarasa gurih maupun manis. Selain untuk masakan dan minuman manis seperti kolak, kamu juga bisa memakai daun pandan untuk membuat sajian seperti nasi ulam khas betawi yang gurih.

Agar aroma daun pandannya lebih keluar, kamu bisa memisahkan tulang dan daun pandannya terlebih dulu. Kemudian, buat simpul sebelum dimasukkan ke dalam masakan.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya