Kemeriahan HUT Kemerdekaan RI, Barongan hingga Miniatur Tank Mejeng di Desa Kolam Deli Serdang

Oleh Reza Efendi pada 17 Agu 2022, 15:12 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 15:13 WIB
Barongan
Perbesar
Di sudut pertigaan Simpang Perhubungan, Dusun 7, Desa Kolam, Deli Serdang, Sumut, terpajang barongan, bagian kesenian Reog Ponorogo, untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI (Reza Efendi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Deli Serdang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) disambut meriah. Salah satunya oleh warga Dusun 7, Desa Kolam, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Pantauan Liputan6.com, Rabu (17/8/2022), warga wara-wiri silih berganti mengunjungi Simpang Perhubungan yang berada di Desa Kolam, Deli Serdang. Sebab, di sudut pertigaan jalan kawasan tersebut terpajang barongan, bagian kesenian Reog Ponorogo.

Tidak hanya itu, berbagai miniatur seperti meriam atau senjata mesin hingga mobil tank juga terpajang di lokasi tersebut. Pajangan-pajangan tersebut sengaja dihadirkan untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Seorang warga Jalan Makmur, Pasar 7, Kecamatan Tembung, Deli Serdang, Eko Kurniawan mengaku, sengaja datang ke Dusun 7, Desa Kolam, untuk melihat ornamen-ornamen unik. Menurutnya, ornamen yang terpajang di Simpang Perhubungan sesuatu yang beda.

"Lihat aja, beda sendiri di sini. Apalagi ada barongan, kental kali kebudayaannya di peringatan HUT Kemerdekaan kali ini," kata Eko.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Datang untuk Berfoto

Barongan
Perbesar
Warga sengaja datang ke Simpang Perhubungan, Dusun 7, Desa Kolam, untuk berfoto-foto (Reza Efendi/Liputan6.com)

Warga lainnya, Aditya, mengaku sengaja datang ke Simpang Perhubungan, Dusun 7, Desa Kolam, untuk berfoto-foto. Adit, sapaan akrabnya, sudah mengetahui tentang keunikan di daerah tersebut sejak lama.

"Kalau saya, tiap tahun memang selalu ke sini saat 17-an, karena ornamen-ornamen di sini unik, beda sendiri," ucapnya.

Adit yang diketahui Warga Dusun 4, Desa Kolam, menilai, ornamen barongan sangat kental dengan kebudayaa. Apalagi diketahui, barongan merupakan bagian dari kesenian Reog Ponorogo yang berasal dari Pulau Jawa.

"Saya sendiri suku Jawa, jadi nilai-nilai kebudayaannya sangat terasa bagi saya sendiri," ucapnya.


Sengaja Pajang Barongan

Barongan
Perbesar
Barongan yang dipajang di Simpang Perhubungan sengaja dihadirkan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI setiap tahunnya (Reza Efendi/Liputan6.com)

Orang yang dituakan di Dusun 7, Desa Kolam, Deli Serdang, Supandi menjelaskan, barongan yang dipajang di Simpang Perhubungan sengaja dihadirkan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI setiap tahunnya.

"Kalau saya, memang salah satu perintis dikenalnya Reog Ponorogo di sini," ujarnya.

Diakui Supandi, kesenian Reog Ponorogo yang dibinanya sudah sering cukup dikenal, dan sering diundang pada acara-acara di Deli Serdang, bahkan sampai Pekanbaru, dan Aceh. Supandi saat ini memiliki 3 barongan yang kesemuanya asli dari Jawa.

"Reog bahannya dari Jawa, bikinnya sendiri. Saya sendiri punya tiga barongan. Saat ini dua dipajang, dan yang saya simpan paling tinggi 50 sentimeter," ucapnya.


Berharap Terus Dilestarikan

Barongan
Perbesar
Barongan dipajang di Simpang Perhubungan, Dusun 7, Desa Kolam, Deli Serdang (Reza Efendi/Liputan6.com)

Supandi yang kini telah berusia 82 tahun berharap kepada para generasi saat ini untuk terus melestarikan kebudayaan Reog Ponorogo. Karena kalau tidak anak-anak muda yang melestarikan, siapa lagi yang akan peduli dengan kesenian asli Indonesia ini.

"Harapannya terus dilestarikan. Habis 17-an ini saya akan pulang ke Jawa, akan beli warog dan suwandono," sebut Supandi, yang mengaku kelompok keseniannya kini beranggotakan sekitar 50-an orang.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya