Sukses

Detik-Detik Pengibaran Merah Putih di Bawah Laut Pulau Pahawang

TNI AL mengerahkan pasukan selam handal untuk mengibarkan bendera merah putih di 77 lokasi bawah laut, salah satunya di Pahawang.

Liputan6.com, Lampung - TNI AL mengerahkan pasukan selam handal untuk mengibarkan bendera merah putih di 77 lokasi bawah laut, yang tersebar di seluruh Indonesia pada hari puncak peringatan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).

Di wilayah Lampung, upacara pengibaran bendera di bawah laut dilaksanakan di Pulau Pahawang, yang dipimpin langsung Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) 4 Marinir/BS, Kolonel Marinir Harry Indarto. 

Dalam pelaksanaannya, pengibaran bendera merah putih di bawah laut ini setidaknya melibatkan 50 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan anggota klub selam Lampung. 

Harry menjelaskan untuk petugas dan peserta upacara ada dari Polairud Polda Lampung, Kodim 0410/KBL, Brimob, Club Selam Corona, Lampung Scuba, Lampung Dive Club.

Menurutnya, pengibaran bendera juga diikuti oleh masyarakat sekitar Pulau Pahawang yang melaksanakan upacara diatas permukaan laut menggunakan kapal dan perahu karet.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi bersama seluruh elemen masyarakat demi kejayaan maritim Indonesia," ujar Harry, seusai memimpin pengibaran bendera. Hal tersebut sesuai dengan tema kemerdekaan RI ke 77 yakni Indonesia Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat. 

Harry juga mengatakan, prajurit Jalasena Samudera TNI AL adalah prajurit petarung yang siap menjaga keutuhan dan kedaulatan. Dari dasar samudera hingga permukaan laut Nusantara, demi kejayaan dan kemakmuran bangsa Indonesia.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lautan Indonesia yang Luas

Dengan momen pengibaran bendera di bawah laut, lanjutnya bertujuan untuk menunjukkan betapa luasnya laut Nusantara dengan berjuta kekayaan di dalamnya.

"Kekayaan itu harus tetap terjaga keutuhannya dari Sabang sampai Merauke dan Miangas sampai Pulau Rote," kata Danbrigif.

Harry menambahkan, pusat pengibaran merah putih di bawah laut ini dilaksanakan di Pulau Putri, Kepulauan Seribu yang dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Berdasarkan data Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal) sebanyak 886 penyelam dari Prajurit TNI AL, TNI, POLRI, Pemerintah Daerah, organisasi masyarakat, klub selam, dan masyarakat turut berpatisipasi dalam pengibaran bendera bawah air ini, sekaligus untuk memecahkan rekor MURI. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.