Hore Pasar Kangen Ada Lagi, Mesin Waktu ke Masa Lalu yang Selalu Dinanti

Oleh Tifani pada 17 Agu 2022, 13:30 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 13:30 WIB
Pasar Kangen
Perbesar
Pasar Kangen 2022 akan digelar di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), mulai 18 sampai 27 Agustus 2022.

Liputan6.com, Yogyakarta - Acara tahunan Pasar Kangen Yogyakarta 2022 akan kembali hadir menghibur masyarakat luas. Pasar Kangen 2022 akan digelar di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), mulai 18 sampai 27 Agustus 2022.

Pasar Kangen Yogyakarta 2022 akan dimeriahkan 170 stand kuliner jadul khas nusantara dan 77 stand penjual barang-barang lawasan. Pasar Kangen ke-14 ini akan digelar lebih spesial ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

Selain menampilkan beraneka ragam kuliner tempo dulu, Pasar Kangen kali ini juga dimeriahkan dengan aneka workshop bagi pengunjung.

“Pasar Kangen Jogja 2022 kali ini, tentunya akan dimeriahkan banyak workshop, di antaranya workshop memasak kuliner lokal khususnya untuk anak TK dan PAUD, workshop aneka kerajinan hingga workshop membuat wingko,” kata Ong Hari Wahyu, Ketua Pasar Kangen Yogyakarta, Selasa (16/8/2022).

Setelah absen karena pandemi Covid-19, Pasar Kangen hadir dengan tajuk  "Kumandhange Pasar – Ora Cucul Ora Ngebul”.  Ong Hari Wahyu berharap Pasar Kangen dapat menjadi semangat membangkitkan perekonomian pasca pandemi.

Dalam Pasar Kangen ini pengunjung akan dibawa ke masa tempo dulu. Pengunjung dapat bernostalgia di acara festival ini.

Spirit dan relasi dari kegiatan ini tidak hanya dialami oleh antar para pedagang, namun juga mempertemukan pedagang dengan pembeli, sehingga acara ini tidak hanya sebatas transaksi ekonomi. Pengunjung akan dapat merasakan nilai-nilai kearifan lokal seperti bertegur sapa sehingga para pengunjung dapat merasakan transaksi jual beli seperti di pasar tradisional.

Untuk menjaga kenyamanan pengunjung, pihak penyelenggara memastikan aneka kuliner yang dijajakan tak lebih dari Rp 20.000 per porsinya. Higenisistas makanan dalam gelaran Pasar Kangen juga tak perlu diragukan lagi.

Pihak penyelenggara Pasar Kangen memastikan penjual tidak menggunkan kemasan makanan yang membahayakan kesehatan, seperti bahan styrofoam. Hingga para pengunjung dapat merasa aman dan nyaman saat menjajal aneka kuliner di Pasar Kangen ini.

Pasar Kangen akan digelar selama 10 hari, dan buka mulai pukul 13.00 hingga 21.00.  Gelaran Psar Kangen tahun ini akan dimeriahkan berbagai pertunjukan tradisi dari berbagai daerah di Yogyakarta serta performance art dari seniman-seniman Yogyakarta setiap harinya.

"Harapan kami Pasar Kangen Jogja 2022 ini nantinya akan memberikan kebahagiaan bagi seluruh pihak, dan selesainya pun pasti harus ada evaluasi sehigga di kemudian hari akan lebih baik lagi," ucap Purwanti, Kepala Taman Budaya Yogyakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya