Moriarty the Patriot, Kisah Moriarty Bersaudara Mencapai Dunia yang Ideal lewat Tindakan Kriminal

Oleh Switzy Sabandar pada 17 Agu 2022, 23:00 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 23:00 WIB
Ilustrasi Anime.
Perbesar
Ilustrasi Anime. Photo by Pat Krupa on Unsplash

Liputan6.com, Yogyakarta - Moriarty The Patriot merupakan anime dari adaptasi manga Yuukoku no Moriarty karya Ryosuke Takeuchi dan Hikaru Miyoshi. Anime ini adalah prekuel dari seri Sherlock Holmes karya Arthur Conan Doyle yang digarap oleh Production I.G.

Mengangkat kisah dari sudut pandang musuh bebuyutan Sherlock Holmes, William James Moriarty yang melabeli dirinya 'konsultan kriminal', anime ini berlatar abad ke-19. Moriarty The Patriot menceritakan tentang kerajaan Inggris yang telah menjadi pusat kekuatan global dengan stratifikasi kelas yang kuat.

Dengan kata lain, anime ini menggambarkan sistem strata sosial yang memisahkan bangsawan yang berkuasa dan rakyat yang tertindas. Melihat ketidakadilan itu, Moriarty bersaudara bertekad menghancurkan sistem kelas sosial dan mengubah dunia.

Kisah ini berawal dari anak tertua dari keluarga Moriarty, Albert Moriarty, mengadopsi dua anak yatim, yakni William James dan Louis James. Mereka membuat rencana besar untuk dapat mencapai dunia yang ideal, yakni dunia tanpa strata sosial.

Dengan posisi sebagai bangsawan, mereka dapat melihat kejahatan sesama bangsawan dan berusaha mencapai tujuan. Dalam menjalankan rencana besar demi mengubah kerajaan Inggris, keluarga Moriarty bekerja sama dengan rekan lain dengan tekad yang sama, yakni Sebatian Moran dan Fred Porlock.

Profesor William James Moriarty, merupakan karakter utama yang digambarkan sebagai penjahat. Memiliki dualitas karakter, kehadiran William membuat jalan cerita anime ini begitu menarik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Tak Mudah Ditebak

Karakternya yang tak mudah ditebak, emotionless, dingin, manipulatif, penuh strategi dan gerak-gerik, serta  memiliki kecerdasan dalam meramu kejahatan, membuat sosok William menjadi karismatik. Selain menjadi penjahat, ia juga berprofesi sebagai profesor sekaligus ahli matematika dan filsafat di Universitas Durham, Britania Raya.

Tidak berlebihan rasanya jika Sherlock Holmes, seorang detektif andal, menyimpan rasa benci dan tidak pernah menginginkan Moriarty eksis. Namun, pada titik tertentu, mereka sangat menaruh hormat satu sama lain.

Mirip seperti hubungan 'bromance', yang selain benci tetapi di saat yang sama juga saling memberikan respek. Tak jarang, justru mereka berdua bekerja sama dalam memecahkan suatu kasus.

Setting cerita Moriarty The Patriot betul-betul menyesuaikan Sherlock Holmes universe, yakni Britania Raya, sekitar 1880-an. Sehingga, latar belakang, gerak-gerik, dan perilaku para tokohnya pun menyesuaikan timeline tersebut.

Serial anime ini alur ceritanya cukup detail. Bagi penikmat Detective Conan, mungkin akan menyukai serial ini.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya