5 Kesalahan dalam Merawat Wajah Bebas Jerawat dan Kusam

Oleh Huyogo Simbolon pada 17 Agu 2022, 20:00 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 20:00 WIB
Meringankan Jerawat
Perbesar
Ilustrasi Wajah Berjerawat Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu pernah berpikir mengapa wajah yang senantiasa dirawat menggunakan segala macam perawatan wajah namun tak kunjung membaik? Bahkan, wajah justru lebih kusam dan menambah jerawat di area muka.

Ini saatnya kamu harus menghentikan beberapa produk bahkan mengurangi pemakaian produk wajah yang sekiranya mengandung bahan yang dapat merusak skin barrier akibat penggunaan yang berlebihan.

Sebenarnya, tidak hanya produk perawatan wajah saja yang mampu membuat kulit kusam hingga berjerawat. Pasalnya, terdapat banyak faktor internal yang dapat memunculkan ciri-ciri kulit berjerawat dan kusam. Misalnya, pengaruh makanan yang masuk ke dalam tubuh, cuaca, dan polusi di sekitaran kita.

Selain itu, ada beberapa kesalahan lain yang mampu menjadi trigger kulit kusam dan berjerawat. 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Menggunakan Exfoliator Setiap Hari

jerawat saat hamil
Perbesar
Wajah jerawatan saat hamil./Copyright shutterstock.com/g/LightField+Studios

Penggunaan exfoliator berlebihan membuat skin barrier bisa rusak. Akibatnya, kulit bisa break out seperti kusam dan berjerawat.

Bahkan, jika penanganannya tidak baik akan membuat kulit kering. Bahan-bahan exfoliator seperti AHA dan BHA dengan jumlah yang banyak, apalagi setiap hari digunakan, mampu membuat kulit rusak.

Gunakan AHA BHA seminggu 2-3 kali saja. Atau, gunakan AHA BHA dengan kandungan persentase yang lebih kecil supaya wajah mampu beradaptasi dengan baik. 

Tidak Guna Ulang Tabir Surya

Penggunaan tabir surya atau sunscreen perlu dilakukan 3-4 jam sekali. Bahkan, jika sudah terkena keringat atau air, maka perlu diulangi penggunaannya. Karena sinar matahari akan selalu muncul masuk ke ruangan, melalui jendela, pantulan kaca, bahkan cahaya sinar laptop atau gawai.

Kurang Tidur dan Minum Air Putih

Jangan sampai menyepelekan waktu tidur dan minum air putih. Karena dengan kekurangan dua hal itu, wajahmu akan terlihat kusam dan kurang terhidrasi. Apalagi jika setiap hari terpapar AC.

Pasti wajahmu tidak segar dan sulit untuk cerah.

Solusinya, jangan lupa minum air putih yang cukup dan segera tidur di bawah pukul jam 22.00. Jika sulit, maka perlahan memajukan jam tidur dimulai dari 1 jam lebih awal dari biasanya, hingga kamu bisa tidur di bawah pukul 22.00. 


Makanan Mengandung Gula dan Tepung Terigu

Efektif Mengatasi Jerawat
Perbesar
Ilustrasi Masalah Jerawat Pada Kulit Wajah Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Dua bahan ini tentu membuat banyak aneka jajanan yang menggiurkan. Mulai dari donat, cake, hingga roti-rotian.

Ketiga makanan tersebut menggunakan gula dan tepung sebagai bahan dasarnya. Secara tidak sengaja, makanan tersebut akan memicu wajah yang berjerawat jika kita berlebihan memakannya.

Bahkan, kulit pun akan cenderung kusam akibat gula yang berlebihan. Hati-hati terhadap gula yang tersembunyi seperti di minuman-minuman kemasan, snack, dan makanan berat lainnya.

Jarang Bergerak

Mager atau males gerak tentu tidak baik bagi kita. Karena akan membuat kita menumpuk lemak atau energi tidak tersalurkan sehingga penumpukan lemak di beberapa tempat, salah satunya di perut.

Tak hanya itu, dengan jarang bergerak seperti olahraga atau sekadar jalan kaki, wajah tidak akan segar dan tidak bercahaya. Coba deh setiap hari minimal 5000 langkah atau sekitar 3km berjalan kaki agar kita tetap kuat, badan sehat, dan kulit membaik. Apalagi jika jalan kaki di bawah sinar matahari pagi tentu akan bermanfaat bagi tubuh.

Penulis: Fathia Uqimul Haq

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya