Sukses

Deretan 5 Baju Adat yang Pernah Dipakai Jokowi Saat HUT Kemerdekaan RI

Pada HUT ke-77 RI ini upacara dan perayaan akan dilaksanakan secara terbuka.

Liputan6.com, Bandung - Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tentunya dinanti-nanti oleh masyarakat. Tak terkecuali salah satunya menantikan baju adat apa yang akan digunakan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada HUT RI tahun ini.

Jokowi sendiri sudah sekitar beberapa tahun ini sering menggunakan baju adat saat menjadi inspektur upacara.

Pada HUT ke-77 RI ini, upacara dan perayaan akan dilaksanakan secara terbuka karena setelah dua tahun pandemi tidak melaksanakan upacara dan perayaan secara terbuka. Tentunya, momen ini menjadi sangat spesial dan dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia.

Presiden Jokowi di Instagram-nya memperlihatkan beberapa pakaian adat yang pernah ia gunakan dari tahun ke tahun. Kolom komentar juga berisi dari beberapa masyarakat di berbagai daerah yang menyarankan Jokowi untuk menggunakan baju adat dari daerah asal mereka.

Adapun berikut baju adat yang pernah dipakai oleh Pak Jokowi.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Baju Adat Kalimatan Selatan (2017)

Pada saat HUT ke-72 RI, Presiden Jokowi pertama kali menggunakan baju adat pada saat menjadi inspektur upacara. Baju adat yang ia gunakan adalah baju adat Tanah Bumbu, Batulicin, Kalimatan Selatan.

Tidak hanya Presiden Jokowi yang menggunakan baju adat daerah, tetapi sang istri, Iriana, juga mengenakan baju adat Minangkabau dan wakil presiden pada saat itu, Jusuf Kalla, menggunakan pakaian adat Bugis. Bahkan, para menteri, pejabat negara, serta beberapa anggota Paspampres juga menggunakan pakaian tradisional.

3 dari 6 halaman

Baju Adat Aceh (2018)

Pada tahun berikutnya di upacara HUT ke-73 RI, Presiden Jokowi menggunakan pakaian adat Aceh dan Iriana menggunakan pakaian adat dari Minangkabau. Pakaian baju adat yang Jokowi yaitu baju Meukeusah terlihat lengkap dengan penutup kepala yang ia gunakan.

4 dari 6 halaman

Baju Adat Bali (2019)

Pada HUT Kemerdekaan ke-74 RI, Presiden Jokowi menggunakan baju adat dari Bali yaitu baju adat Klungkung. Baju yang digunakan oleh Jokowi juga lengkap mulai dari kain batik sebagai bawahan dan penutup kepala.

Pada upacara kemerdekaan tahun 2019 ini, Jokowi tidak menggunakan baju adat sendirian. Namun, putra pertamanya Gibran Rakabuming Raka serta sang cucu Jan Ethes Srinarendra juga menggunakan baju adat Bali.

5 dari 6 halaman

Baju Adat Nusa Tenggara Timur (2020)

Pada saat acara HUT Kemerdekaan ke-75 RI, baju yang digunakan oleh Jokowi adalah baju adat Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, baju yang digunakan Jokowi menggunakan kain baju adat yang mempunyai motif Kaif berantai nunkolo dan motif tersebut telah dimodifikasi dari bentuk belah ketupat (motif geometris) dengan batang tengah yang berarti sumber air.

Tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga lengkap menggunakan dester (ikat kepala) berbentuk dua tanduk kecil yang mempunyai arti fungsi raja yang melindungi dan ikat di kepala sebagai penutup kepala sebagai pelindung yang menjadi tanda kebesaran Raja sebagai mahkota.

Adapun tas sirih pinang dan kapur melambangkan budaya makan sirih pinang dari masyarakat nunkolo, tas sirih pinang juga menandakan budaya pemersatu atau persatuan dan juga melambangkan tanda kasih dan hormat.

6 dari 6 halaman

Baju Adat Lampung (2021)

Presiden Jokowi, pada HUT ke-76 Kemerdekaan RI menggunakan baju adat dari Lampung,. Baju ini terdiri dari baju lengan panjang berwarna putih yang dipadukan dengan celana panjang berwarna putih. Adapun bagian luar dibalut sarung khas Lampung yaitu sarung tumpal, dan pakaian Jokowi lengkap dengan kain selendang, ikat pinggang, dan tutup kepala yang warnanya semua sama senada merah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.