Deretan 5 Baju Adat yang Pernah Dipakai Jokowi Saat HUT Kemerdekaan RI

Oleh Huyogo Simbolon pada 16 Agu 2022, 09:26 WIB
Diperbarui 16 Agu 2022, 09:38 WIB
Berbaju Adat Bali, Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-74 RI
Perbesar
Presiden Joko Widodo menyerahkan duplikat bendera pusaka kepada Paskibraka Salma El Mutafaqqiha dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). (Liputan6.com/HO/Kentung)

Liputan6.com, Bandung - Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tentunya dinanti-nanti oleh masyarakat. Tak terkecuali salah satunya menantikan baju adat apa yang akan digunakan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada HUT RI tahun ini.

Jokowi sendiri sudah sekitar beberapa tahun ini sering menggunakan baju adat saat menjadi inspektur upacara.

Pada HUT ke-77 RI ini, upacara dan perayaan akan dilaksanakan secara terbuka karena setelah dua tahun pandemi tidak melaksanakan upacara dan perayaan secara terbuka. Tentunya, momen ini menjadi sangat spesial dan dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia.

Presiden Jokowi di Instagram-nya memperlihatkan beberapa pakaian adat yang pernah ia gunakan dari tahun ke tahun. Kolom komentar juga berisi dari beberapa masyarakat di berbagai daerah yang menyarankan Jokowi untuk menggunakan baju adat dari daerah asal mereka.

Adapun berikut baju adat yang pernah dipakai oleh Pak Jokowi.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Baju Adat Kalimatan Selatan (2017)

Jokowi Berpakaian Adat Kalsel Pimpin Upacara HUT RI
Perbesar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi 17 Agustus di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8). Jokowi mengenakan pakaian adat khas Banjar, Kalimantan Selatan. (Liputan6.com/Pool)

Pada saat HUT ke-72 RI, Presiden Jokowi pertama kali menggunakan baju adat pada saat menjadi inspektur upacara. Baju adat yang ia gunakan adalah baju adat Tanah Bumbu, Batulicin, Kalimatan Selatan.

Tidak hanya Presiden Jokowi yang menggunakan baju adat daerah, tetapi sang istri, Iriana, juga mengenakan baju adat Minangkabau dan wakil presiden pada saat itu, Jusuf Kalla, menggunakan pakaian adat Bugis. Bahkan, para menteri, pejabat negara, serta beberapa anggota Paspampres juga menggunakan pakaian tradisional.


Baju Adat Aceh (2018)

Jokowi baju adat Aceh
Perbesar
Presiden Joko Widodo memakai baju adat Aceh saat perayaan HUT RI ke-73. (Dok: Sekretariat negara/ https://www.setneg.go.id/ Liputan6 dyahpamela)

Pada tahun berikutnya di upacara HUT ke-73 RI, Presiden Jokowi menggunakan pakaian adat Aceh dan Iriana menggunakan pakaian adat dari Minangkabau. Pakaian baju adat yang Jokowi yaitu baju Meukeusah terlihat lengkap dengan penutup kepala yang ia gunakan.


Baju Adat Bali (2019)

11 Gaya Jokowi Kenakan Baju Adat dari Berbagai Daerah
Perbesar
Presiden Joko Widodo kembali memilih menggunakan pakaian adat dalam upacara HUT ke-74 RI di Istana Negara, Sabtu (17/8/2019). Kali ini, Jokowi tampil tradisional dengan pakaian adat Klungkung, Bali. Ia tampil dengan beskap beludru hitam dengan bordiran emas. (Instagram/Jokowi).

Pada HUT Kemerdekaan ke-74 RI, Presiden Jokowi menggunakan baju adat dari Bali yaitu baju adat Klungkung. Baju yang digunakan oleh Jokowi juga lengkap mulai dari kain batik sebagai bawahan dan penutup kepala.

Pada upacara kemerdekaan tahun 2019 ini, Jokowi tidak menggunakan baju adat sendirian. Namun, putra pertamanya Gibran Rakabuming Raka serta sang cucu Jan Ethes Srinarendra juga menggunakan baju adat Bali.


Baju Adat Nusa Tenggara Timur (2020)

11 Gaya Jokowi Kenakan Baju Adat dari Berbagai Daerah
Perbesar
Pada upacara detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020, Jokowi mengenakan baju adat Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Baju adat ini berupa kain tenun dengan motif Berantai Kaif Nunkulo, ikat kepala warna merah pekat dan tas sirih pinang. (Instagram/Jokowi).

Pada saat acara HUT Kemerdekaan ke-75 RI, baju yang digunakan oleh Jokowi adalah baju adat Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, baju yang digunakan Jokowi menggunakan kain baju adat yang mempunyai motif Kaif berantai nunkolo dan motif tersebut telah dimodifikasi dari bentuk belah ketupat (motif geometris) dengan batang tengah yang berarti sumber air.

Tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga lengkap menggunakan dester (ikat kepala) berbentuk dua tanduk kecil yang mempunyai arti fungsi raja yang melindungi dan ikat di kepala sebagai penutup kepala sebagai pelindung yang menjadi tanda kebesaran Raja sebagai mahkota.

Adapun tas sirih pinang dan kapur melambangkan budaya makan sirih pinang dari masyarakat nunkolo, tas sirih pinang juga menandakan budaya pemersatu atau persatuan dan juga melambangkan tanda kasih dan hormat.


Baju Adat Lampung (2021)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengenakan baju adat Lampung saat Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di halaman Istana Merdeka Jakarta, Selasa (17/8/2021).
Perbesar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengenakan baju adat Lampung saat Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di halaman Istana Merdeka Jakarta, Selasa (17/8/2021). ( Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi, pada HUT ke-76 Kemerdekaan RI menggunakan baju adat dari Lampung,. Baju ini terdiri dari baju lengan panjang berwarna putih yang dipadukan dengan celana panjang berwarna putih. Adapun bagian luar dibalut sarung khas Lampung yaitu sarung tumpal, dan pakaian Jokowi lengkap dengan kain selendang, ikat pinggang, dan tutup kepala yang warnanya semua sama senada merah.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya