5 Wisata Air Terjun di Jawa Tengah, Harga Tiketnya Ada yang Cuma Rp5.000

Oleh Tifani pada 15 Agu 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 15 Agu 2022, 06:00 WIB
[Bintang] Jawa Tengah
Perbesar
Air Terjun Grojogan Sewu, Karanganyar, Jawa Tengah. (kimmargareta/Instagram)

Liputan6.com, Yogyakarta - Jawa Tengah terkenal memiliki banyak potensi wisata yang lengkap, mulai dari wisata alam, wisata bersejarah, aneka wisata kuliner, dan masih banyak lagi. Wisatawan dapat mengunjungi berbagai tempat wisata menarik di Jawa Tengah.

Bagi wisatawan yang menyukai aktivitas outdoor, mengunjungi tempat wisata air terjun di Jawa Tegah dapat menjadi pilihan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet tempat wisata air terjun di Jawa Tengah.

1. Curug Cipendok, Banyumas

Curug Cipendok berada di lereng Gunung Slamet, sekitar 20 kilometer dari kota Purwokerto, tepatnya di Dusun II Lebaksiu, Karanganyar, Karangtengah, Cilongok, Banyumas. Curug Cipendok memiliki ketinggian hingga 92 meter.

Curug Cipendok ini memiliki kolam seperti mangkuk yang terbentuk secara alami oleh dinding pegunungan di sekelilingnya. Dari kejauhan, tempat wisata ini seperti air yang dituangkan dari teko ke dalam mangkuk.

Untuk menuju Curug Cipondok ini, wisatawan harus menyusuri jalan setapak sepanjang 500 meter yang sudah tertata rapi. Ada gazebo di sekitar air terjun ini untuk melepas lelah atau menghangatkan diri setelah bermain air.

Biaya tiket masuk air terjun Curug Cipendok adalah Rp.9.000 per orang. Curug Cipendok dibuka setiap hari mulai dari pukul 07.00 sampai 16.00.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Tirto Wening

2. Curug Tirto Wening, Semarang

Curug Tirto Wening berada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di wilayah Desa Cemanggal, Kabupaten Semarang. Curug yang satu ini masih asri, bersih dari sampah, dan belum banyak dikunjungi wisatawan.

Meski air terjunnya tak terlalu tinggi, wisatawan tetap dapat berendam di curug yang jernih berkedalaman sekitar 1,5 meter. Jika wisatawan hendak ke curug ini dapat melewati jalan tol dan keluar di pintu tol Ungaran atau Bawen.

Kemudian wisatawan tinggal melanjutkan perjalanan sekitar 20 kilometer ke arah selatan. Harga tiket masuk Curug Tirto Wening dibanderol mulai dari Rp 5.000.

3. Air Terjun Montel, Kudus

Air Terjun Montel berada di pegunungan Muria Kudus, tepatnya di daerah Colo, Kecamatan Dawe. Air terjun ini berjarak 20 kilometer atau sekitar 36 menit jika ditempuh dengan sepeda motor dari pusat Kota Kudus.

Air terjun Jawa Tengah ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Untuk mencapai air terjun ini, wisatawan cukup berjalan sekitar 10 menit saja.

Harga tiket masuk Air Terjun Montel sebesar Rp 5.000. Tempat wisata ini buka setiap hari, mulai pukul 07.00 -17.00.

 


Grojogan Sewu

4. Air Terjun Grojogan Sewu, Temanggung

Grojogan Sewu Tawangmangu menjadi salah satu air terjun paling populer di Jawa Tengah. Di tempat ini, wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan air terjun yang cantik bersama tebing hijau yang melengkapi panoramanya.

Air terjun Grojogan Sewu terletak di Karanganyar, Jawa Tengah. Dari pusat kota, wisatawan perlu menempuh jarak sejauh 37 km dengan menggunakan kendaraan motor atau pun mobil.

Untuk tiket masuknya juga cukup terjangkau. wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 21.000 per orang untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini.

5. Curug Sejajar, Pemalang

Curug Sejajar berada di Desa Badak, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang. Sesuai namanya, di lokasi ada dua air terjun yang posisinya sejajar atau berdampingan.

Air terjun di Jawa Tengah ini bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari Jalan Belik-Purbalingga menuju jalan Belik-Watukumpul, atau 1,5 jam dari pusat kota Pemalang. Dari tempat parkir, wisatawan tinggal berjalan kaki sekitar 15 menit lewat area persawahan.

Di tengah perjalanan wisatawan sudah dapat menikmati keindahan pemandangan air terjunnya. Tak hanya memiliki dua air terjun yang berdampingan, Curug Sejajar juga punya keunikan berupa aliran air yang bertingkat.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya