5 Kebiasaan Orang Indonesia Yang Tidak Boleh Dilakukan Di Luar Negeri

Oleh Panji Prayitno pada 14 Agu 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 14 Agu 2022, 10:00 WIB
5 Kebiasaan Orang Indonesia Yang Tidak Boleh Dilakukan Di Luar Negeri
Perbesar
ilustrasi perempuan tersenyum/Photo by Renato Abati from Pexels

Liputan6.com, Jakarta - Setiap daerah di Indonesia memiliki budaya dan kebiasaan masing-masing. Tentu saja akan banyak perbedaan antara satu tempat dengan tempat yang lainnya.

Perbedaan tersebut menjadi lumrah dan kebiasaan yang beragam. Sikap ramah dan baik sesama masyarakat akan membuat hidup kita merasa aman dan nyaman.

Namun demikian, apa yang menjadi kebiasaan kita di Indonesia belum tentu dianggap baik dimata negara lain. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa kebiasaan orang Indonesia yang dianggap tidak baik di mata negara lain: 

Senyum Kepada Orang Tidak Dikenal

Seperti yang kita ketahui Indonesia dikenal dunia dengan keramahan dan murah senyumnya. Hingga tak sedikit turis turis merasakan nyaman saat berkunjung ke Indonesia. 

Tetapi hal tersebut ternyata tidak berlaku untuk negara Rusia. Di Rusia tersenyum kepada orang yang tidak dikenal merupakan hal yang tidak sopan.

Ini karena ketika tersenyum kepada orang asing berarti kamu tertarik dengan orang tersebut. Oleh karena itu di Rusia tidak diperbolehkan tersenyum kepada orang yang tidak dikenal.

Menghabiskan Makan Saat Bertamu

Di Indonesia, menghabiskan makanan atau jamuan yang diberikan pemilik rumah merupakan hal yang wajib dilakukan sebagai bentuk rasa menghormati kepada pemberi. 

Tetapi hal tersebut berbeda dengan di Tiongkok, budaya Tiongkok mengajarkan untuk tidak menghabiskan makanan yang diberikan oleh tuan rumah karena hal tersebut dianggap tidak sopan dan akan dianggap tidak cukup.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Duduk di Kursi Belakang

Duduk di Kursi Belakang Mobil

Saat ingin menaiki kendaraan umum, seperti taksi biasanya di Indonesia dibebaskan untuk memilih tempat duduk yang kita inginkan. Berbeda dengan di Australia, di negara ini hal tersebut ternyata dilarang. 

Hal tersebut dilakukan agar tidak ada kesenjangan sosial antara penumpang dengan supir taksi.

Masukkan Tangan ke Dalam Saku Celana

Saat kita berjalan terkadang tanpa kita sadari, kita sering memasukan tangan kedalam saku celana karena merasa dingin atau karena hal yang lain. 

Tetapi menurut orang Jerman hal tersebut sangat tidak patut dilakukan, apalagi ketika sedang berbicara dengan orang lain.

Membunyikan Klakson

Saat keadaan macet sering kali kita mendengar suara bising klakson dari para pengendara motor maupun mobil. 

Di Norwegia ternyata hal tersebut tidak boleh dilakukan, di Norwegia klakson akan dibunyikan ketika hanya ada keadaan darurat saja.

Penulis: Eris Hopipah

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya