Cerita Urban Legend Bandung, Ambulans Misterius yang Disebut Bisa Jalan Sendiri

Oleh Huyogo Simbolon pada 12 Agu 2022, 02:30 WIB
Diperbarui 12 Agu 2022, 02:30 WIB
Ilustrasi mobil ambulans (Pixabay)
Perbesar
Ilustrasi mobil ambulans (Pixabay)

Liputan6.com, Bandung - Urban Legend atau legenda urban di kalangan masyarakat masih senang diperdengarkan oleh banyak orang. Kisah-kisah misteri beredar di antara masyarakat sering kali membuat rasa parno ketika mendengar ceritanya, tetapi tak sedikit masyarakat kita sangat penasaran dan akhirnya terus mendengarkan cerita urban tersebut.

Salah satu cerita urban legend yang terkenal di Bandung adalah kisah dari Rumah Ambulance di Jalan Bahureksa. Kisah mengenai ambulans ini sering kali membuat orang-orang merinding ketika mendengar cerita dari kisahnya.

Warga Bandung pun masih suka mendengarkan kisah tersebut. Rumah Ambulance sendiri berasal dari sebutan suatu rumah di Bandung yang mana di depan rumah tersebut terpakir sebuah ambulans tua yang ditutupi oleh terpal coklat.

Kabar yang beredar bahwa ambulans tua ini sering menyala sendiri tanpa ada pengemudinya. Menjelang malam yang sepi di Kota Bandung, mobil ambulans ini sering dikabarkan berjalan sendiri meskipun tidak ada pengemudinya. 

Konon ceritanya rumah ambulans tersebut merupakan rumah peninggalan dari zaman Belanda. Pada masa tersebut tinggal satu keluarga Belanda, namun sekeluarga tersebut mengalami kecelakaan dan mereka dibawa oleh ambulans dari tempat kecelakaan tersebut.

Rumah itu pun menjadi kosong. Namun, besoknya ambulans tersebut kembali ke rumah mereka dan tanpa ada pengemudinya. Penjaga rumah pun menjadi kebingungan dengan kembalinya ambulans itu.

Kisah dari urban legend tersebut masih melegenda sampai sekarang, bahkan kisahnya dijadikan sebuah film berjudul "Hantu Ambulance". Ada cerita kru yang membuat film tersebut sering mengalami kejadian-kejadian mistis.

Meskipun terkenal akan kisah mistisnya, desas-desus yang beredar mengenai rumah ini adalah bekas kosan yang diduga tempat prostitusi dan hantu ambulans menjadi salah satu alibi untuk mengelabui warga. Namun, tetap saja penempatan sebuah ambulans tua di halaman rumah tua itu juga mempunyai aura-aura tidak nyaman yang akan kita rasakan jika melewatinya.

Adapun ambulans tua berjenis Mercy Rubor buatan tahun 1961 tersebut sudah tidak lagi berada di Jalan Bahureksa, melainkan sudah dijual oleh pemiliknya.

Penulis: Natasa K

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya