Ramai Scrolling Text WhatsApp di Media Sosial, Berikut Langkah Membuatnya

Oleh Huyogo Simbolon pada 11 Agu 2022, 19:44 WIB
Diperbarui 11 Agu 2022, 20:05 WIB
Whatsapp - Vania
Perbesar
Ilustrasi Whatsapp/https://unsplash.com/Mika Baumeister

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, tengah ramai scrolling text di aplikasi percakapan WhatsApp. Tren ini ramai diperbincangkan di media sosial TikTok di mana penggunanya mengunggah video menampilkan scrolling text sehingga memicu orang-orang lain penasaran untuk mengikuti tren tersebut. Lantas apakah itu tren scrolling text?

Scrolling text adalah sebuah fitur yang menampilkan sebuah teks membentuk pola tertentu ketika digulirkan. Keunikan dari scrolling text ini ramai digunakan di Whatsapp itu lalu dibagikan kepada orang-orang terdekat. 

Perlu kamu ketahui juga bahwa fitur scrolling text yang ada tersebut bukan berasal dari fitur aplikasi WhatsApp, melainkan dari akses layanan lain yang harus kalian buat terlebih dahulu. Salah satunya menggunakan situs web Patorjk.com.

Berikut adalah langkah-langkah membuat scrolling text di situs web Patorjk.com yang dapat kamu ikuti. 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Berikutnya

  1. Buka situs web patorjk.com.
  2. Gulirkan layar ke bawah sampai menemukan opsi dari scrolling time text time waster.
  3. Setelah itu kamu tekan bagian scrolling text time waster untuk mengakses menu berikutnya.
  4. Kemudian ketika menu tersebut telah terbuka kamu akan menemukan bagian scrolling text bawaan yang bertuliskan “scrolling text time waster”.
  5. Setelah itu gulirkan layar ke bawah hingga menemukan kolom Again! Again! Say!.
  6. Kemudian menulis kata-kata yang ingin kamu pakai dan klik Again! Again! Say!.
  7. Setelah selesai menulis kata-kata tersebut, tulisannya akan dikonversikan menjadi scrolling time yang nantinya bisa kamu saling atau copy.
  8. Setelah itu kamu dapat menyalinnya dan tinggal mengklik opsi dari ‘Copy output text’ dan setelah itu kamu buka aplikasi WhatsApp.
  9. Setelah itu kamu dapat menyalakan opsi dari fitur auto scroll untuk bisa menampilkan pesan secara otomatis. 
  10. Kamu juga dapat mengatur durasi dari scroll text yang akan kamu tampilkan.
  11. Setelah itu kamu tinggal menuliskan di kolom Auto Scroll Time (in seconds).

WhatsApp Bakal Larang Pengguna Screenshot Pesan View Once

WhatsApp diklaim bakal makin aman. Pasalnya, Meta sudah bersabda, mau membuat WhatsApp jadi aplikasi pesan yang seaman mungkin untuk pengguna.

Beberapa bulan lalu, WhatsApp merilis fitur keamanan yang memungkinkan pengguna mengirim gambar yang hanya bisa dilihat sekali. Fitur ini dinamai view once alias "lihat sekali".

Kini WhatsApp berupaya membuat fitur WhatsApp view once ini jadi makin aman dengan update terbarunya.

Mengutip Gizchina, Kamis (11/8/2022), penambahan keamanan yang dimaksud, pengguna lain kini tidak bisa men-screenshot foto atau video lihat sekali tersebut.

Sebelumnya, WhatsApp memang memungkinkan pengguna mengirim foto atau video yang hanya bisa dilihat sekali oleh penerimanya. Namun, ada celah yang memungkinkan foto atau video itu masih bisa dibagikan ke orang lain, yakni dengan men-screenshot-nya.

Dengan update fitur keamanan WhatsApp terbaru, di mana lawan bicara tidak bisa men-screenshot, fitur lihat sekali ini bisa makin aman dan nyaman dipakai membagikan hal yang sifatnya pribadi.

Sejauh ini, aplikasi WhatsApp memang belum menetapkan tanggal rilis untuk fitur ini. Namun kabarnya, pengerjaan untuk fitur larangan screenshot tersebut hampir selesai sehingga bisa segera digulirkan.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya