Sukses

Puli Kotokan, Menu Kuno Kesukaan Murid Sunan Kudus

Jika kamu berkunjung ke Kudus, sajian puli kotokan ini tak boleh dilewatkan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Selain punya soto dan satai kerbau, Kudus juga memiliki makanan khas yang sudah ada sejak zaman dulu. Makanan itu bernama puli kotokan.

Jika kamu berkunjung ke Kudus, sajian puli kotokan ini tak boleh dilewatkan. Meski sudah jarang ditemui, tetapi kamu masih akan bisa menemukan sajian ini ketika berkunjung ke kota santri ini.

Tidak diketahui kapan tepatnya puli kotokan mulai ada. Namun, sajian kuno ini dipercaya memiliki kebaikan untuk tubuh karena terbuat dari bahan makanan kaya manfaat.

Makanan ini juga dipercaya menjadi makanan kesukaan murid dari Sunan Kudus, Mbah Jenggolo. Sajian ini juga seringkali menjadi sajian khas bulan Ramadan.

Menu puli kotokan berisi nasi puli yang telah diiris, lalu disajikan dengan kuah santan. Selain itu, puli kotokan memiliki perbedaan sendiri.

Perbedaan itu terletak pada cara membuat nasi puli. Selain itu, untuk mengiris nasi puli umumnya tidak menggunakan pisau, melainkan menggunakan benang. 

Pengirisan dengan menggunakan benang bertujuan untuk mengetahui kualitas dari puli. Puli harus diiris tipis, jika puli tidak bisa diiris dengan benang, maka kualitas puli tersebut tidak bagus.

Kuah dari kotokan pun telah melalui inovasi. Saat ini, kuahnya tidak hanya berisi bahan-bahan makanan yang sehat, seperti tahu, telur, udang, dan cabai.

Puli disajikan dengan beralaskan daun pisang. Cita rasa segar dan puli yang empuk akan memanjakan lidah penikmat kuliner Kudus.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.