Ketahui 4 Hal Ini Supaya Tidak Takut Menggunakan Menstrual Cup

Oleh Huyogo Simbolon pada 12 Agu 2022, 22:00 WIB
Diperbarui 12 Agu 2022, 22:00 WIB
Menstrual Cup
Perbesar
Ilustrasi menstrual cup. (Pexels.com/Polina Kovaleva)

Liputan6.com, Jakarta - Masih banyak perempuan yang takut memulai penggunaan menstrual cup atau biasa disebut menscup. Hal itu sangat wajar karena akan ada perubahan yang dialami, terlebih memasukkan benda asing ke dalam tubuh adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan.

Penggunaan menstrual cup tentu banyak pro dan kontranya. Mulai dari kesehatan hingga "tabu" yang membuat perempuan maju mundur untuk menentukan pilihan dalam hidupnya. 

Menscup sendiri sudah lama diperbincangkan. Baiknya, bagi yang ingin pertama kali beralih dari pembalut sekali pakai ke menscup diperlukan riset seperti konsultasi ke dokter, menonton ulasan dari beberapa orang, dan lebih mengenal tubuh sendiri.

Hal ini memang tidak wajib, namun perlu diupayakan agar kita mampu mengubah gaya hidup bertanggung jawab akan sampah yang kita hasilkan setiap bulannya yaitu pembalut sekali pakai

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kenali Tubuhmu

Tak banyak orang yang mengenali tubuhnya sendiri. Bagaimana kondisi tubuh, rupanya, dan letaknya. Konsep tabu yang menjelma membuat kita enggan mengetahui tubuh kita sendiri. Padahal, ini perlu diketahui supaya kita semakin sadar dan menerima kondisi tubuh yang dianugerahkan oleh Sang Pencipta. 

Mulai Cari Tahu

Menggunakan mens cup memang tidak wajib dan tidak harus segera. Namun, hal ini perlu diupayakan agar kita bisa perlahan menuju hidup yang lebih baik dan bertanggung jawab akan lingkungan.

Tahukah kamu bahwa perempuan dapat membuang pembalut sekali pakai yang sulit terurai ini sebanyak 16.000 pembalut? Bahkan, menurut penelitian Setyaningtyas (2018) Universitas Katolik Indonesia Atmajaya menyebutkan bahwa sampah pembalut mencapai 26 ton per hari.

Hal ini menjadi masalah besar bagi lingkungan sehingga kita perlu menyelesaikan masalahnya sedikit demi sedikit. Mari kita mulai cari tahu soal pemakaian menscup atau menspad sehingga kita ambil bagian dari perubahan lingkungan. 


Lakukan Saat Siap

Kapan pun kamu sudah siap dan mengenali segala langkah menggunakan mesncup, maka lakukanlah. Hal ini tidak perlu diburu-buru karena perlu dipikirkan matang-matang. Namun, jika kamu merasa sudah saatnya memahami dan ingin mengambil langkah perubahan, maka menggunakan menscup dapat menjadi solusi untuk diri dan orang lain.

Rata-rata, perempuan yang menggunakan menscup sangat terbantu saat sedang menstruasi. Selain lebih nyaman, mereka juga merasa tidak sedang mens karena terbebas dari pembalut yang biasanya membuat gatal.

Riset lebih lanjut

Jangan lupa untuk tanyakan kepada ahlinya seperti dokter yang kamu percaya untuk menggunakan menstrual cup jika masih ragu. Tidak sedikit dokter pun mengungkapkan pernyataannya terkait menscup lewat media sosial sehingga lebih mudah diakses segala informasinya.

Setelah yakin akan pernyataan para dokter, kamu juga bisa menonton ulasan-ulasan Youtube terkait menscup. Selain itu, riset merek menscup itu sendiri perlu didalami supaya kamu membeli menscup yang sesuai dengan budget, bahan menscup, dan ukuran yang sesuai untuk menampung darah menstruasi. 

Selamat mencoba!

Penulis: Fathia Uqimul Haq

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya