Menpora Minta Festival Sandeq di Sulbar Digelar pada Momen Haornas

Oleh Abdul Rajab Umar pada 10 Agu 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 10 Agu 2022, 19:00 WIB
Pj Gubernur Sulbar
Perbesar
Pj Gubernur, Akmal Malik bertemu Menpora, Zainuddin Amali (Foto: Liputan6.com/Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali. Pada kesempatan itu, Akmal melaporkan tentang kesiapan rencana pelaksanaan Festival Sandeq pada September 2022 mendatang.

Menurut Akmal Malik hasil dari pertemuan itu, Menpora mengusulkan agar gelaran Festival Sandeq bisa dirangkaikan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September. 

"Terkait usulan agar Festival Sandeq dirangkaikan dengan peringatan Haornas akan kita bicarakan. Tapi pada intinya kita siap dan patuh dengan usulan tersebut," terang Akmal Malik di Jakarta, Rabu (10/08/22).

Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu menyebutkan, pelaksanaan Festival Sandeq pada bulan September 2022 mendatang akan dibicarakan dengan wali kota Balikpapan dan stakeholder terkait di Pemprov Sulbar. 

"Festival Sandeq ini sepenuhnya menggunakan sponsorship dari pihak swasta, tidak mengunakan APBD. Intinya semua elemen siap untuk menggelar dan menyukseskan Festival Sandeq. Ini jadi kebanggan kita," terang Akmal Malik. 

Festival Sandeq akan diikuti sekitar 34 perahu Sandeq yang merupakan simbol dari 34 provinsi di Indonesia. Puluhan perahu Sandeq ini akan berlayar mengarungi Selat Makassar menuju Balikpapan, Kalimantan Timur. 

"Ini merupakan simbol dari dukungan 34 provinsi di Indonesia untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara dan posisi Sulbar sangat strategis sebagai penopang utama, penyuplai kebutuhan ibu kota nantinya," pungkas Akmal Malik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya