Robert Rene Alberts Resmi Mundur Tangani Persib, Siapa Penggantinya?

Oleh Huyogo Simbolon pada 10 Agu 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 10 Agu 2022, 16:00 WIB
Robert Rene Alberts
Perbesar
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Liputan6.com, Bandung - Kabar pengunduran diri Robert Rene Alberts sebagai pelatih Persib Bandung akhirnya resmi disampaikan manajemen klub. Per hari ini, Rabu (10/8/2022), pelatih asal Belanda itu resmi mengundurkan diri dari jabatan pelatih Maung Bandung.

"Setelah tiga musim menjalin kebersamaan, Persib dan Robert Alberts memutuskan untuk mengakhirinya pada Rabu 10 Agustus 2022. Pelatih asal Belanda tersebut memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih kepala Pangeran Biru," tulis keterangan resmi klub.

Manajemen Persib tak memungkiri jika keputusan ini tak lepas dari hasil evaluasi performa Persib yang  dari tiga pertandingan hanya meraih satu poin.

"Keputusan mundur dari pelatih kepala merupakan sikap yang diambil Robert. Langkah itu diambil demi kebaikan Persib," jelas keterangan manajemen.

Persib dan Robert Alberts memulai kerja sama pada awal Liga 1 2019. Bersama Persib, Robert berhasil mengantarkan prestasi terbaik bagi timnya pada musim 2020 dan musim terakhir 2021/2022 sebagai runner-up.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Belum Dapatkan Pengganti

Robert Rene Alberts
Perbesar
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Ablerts. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Terkait pengganti Robert Alberts, manajemen Persib masih belum buka suara. 

"Bagi Persib, tentu bukan hal mudah menghadapi situasi sulit seperti ini. Apalagi di awal musim dan harus segera mencari pelatih pengganti. Bukan hal mudah mencari pelatih pengganti yang siap untuk mendapat mandat besar meraih prestasi terbaik di Liga 1 2022/2023," bunyi keterangan klub.


Kesepakatan Bersama

Robert Rene Alberts
Perbesar
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Adapun pamitnya Robert Alberts didasari semangat saling menghormati dan demi kepentingan bersama dan kebaikan Persib. 

Perlu diketahui, Persib memulai awal BRI Liga 1 dengan hasil minor. Tim berjuluk Maung Bandung itu hanya bisa mengamankan satu poin dari tiga pertandingan. Angka itu didapat saat bermain imbang 1-1 melawan Bhayangkara FC pada laga pembuka.

Pada dua laga berikutnya, Pangeran Biru menelan kekalahan dengan skor telak. Setelah dipermalukan Madura United, Persib kalah 1-4 dari tuan rumah Borneo FC Samarinda di Stadion Segiri, Minggu (7/8/2022) lalu.


Bidik Pelatih Asing

Manajemen Persib Bandung membidik pelatih berkebangsaan asing untuk menggantikan Robert Rene Alberts yang mundur dari kursi pelatih kepala pada Rabu.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Umuh Muchtar mengatakan klub kini masih intens membicarakan hal tersebut. Karena, kata dia, memilih seorang pelatih untuk klub Maung Bandung itu bukan perkara yang mudah.

"Ya pak Glenn (Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat) yang menentukan, tapi mungkin asing ya, sementara ini kita membidik (pelatih) asing ya," kata Umuh di Graha Persib, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Namun ia memastikan Manajemen Persib tidak akan berlarut-larut dalam perhitungan masalah untung dan rugi. Sebab, kata dia, manajemen menginginkan pelatih yang bisa lebih bagus dari Robert Alberts.

"Ya secepatnya (memilih pelatih), dari malam, dari Robert sudah mundur juga kita sudah bergerak, mencari siapa-siapanya," kata dia.

Adapun ia menjelaskan Robert Alberts itu bukan diberhentikan atau dipecat oleh manajemen, melainkan pelatih berkebangsaan Belanda itu menyatakan mengundurkan diri sebagai pelatih.

"Pokoknya mengundurkan diri, bobotoh sudah jelas, ya mungkin lebih terhormat mengundurkan diri," kata Umuh.

Untuk sementara waktu, menurutnya Skuad Persib Bandung bakal dipimpin oleh Asisten Pelatih Budiman sebagai pelatih kepala.

"Yaya itu pelatih fisik, caretaker (pelatih sementara) saya yakin Budiman ya, saya kira seperti itu," kata dia.

Mundurnya Robert Alberts itu tak lepas dari performa buruk Persib Bandung dalam tiga laga awal pada Liga 1 musim 2022/2023. Dari tiga pertandingan, Persib mengalami kekalahan dua kali, dan seri satu kali.

Dengan hal tersebut, kini Persib berada di zona degradasi dengan raihan satu poin. Persib berada di zona degradasi bersama dengan Persik Kediri dan Persis Solo.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya