5 Rekomendasi Gunung di Jawa Tengah bagi Pemula untuk Upacara 17 Agustus

Oleh Switzy Sabandar pada 11 Agu 2022, 00:00 WIB
Diperbarui 11 Agu 2022, 00:00 WIB
Aktivitas Gunung Prau tetap normal meski Gunung Sindoro dan Sumbing terbakar hebat. (Liputan6.com/Misyadi untuk Muhamad Ridlo)
Perbesar
Aktivitas Gunung Prau tetap normal meski Gunung Sindoro dan Sumbing terbakar hebat. (Liputan6.com/Misyadi untuk Muhamad Ridlo)

Liputan6.com, Yogyakarta - Tradisi menggelar upacara di puncak gunung telah menjadi kegiatan yang biasa dilakukan para pencinta alam. Mereka bergerak atas inisiatif pribadi dengan mengibarkan bendera merah putih saat Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tiba.

Pemandangan yang indah dan suasana alam yang asri, seolah mampu meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan pendaki gunung. Untuk kamu yang baru ingin mencoba pengalaman ini, berikut adalah rekomendasi gunung di Jawa Tengah yang bisa kamu daki untuk menggelar upacara 17 Agustus:

1. Gunung Prau, Wonosobo

Gunung Prau dengan ketinggian 2.590 mdpl merupakan gunung sejuta umat. Untuk sampai ke puncak, kamu perlu mendaki selama 1,5 hingga 3 jam.

Ketika sampai ke puncak, panorama Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu akan tampak dari area kamping sisi selatan. Jalur pendakian di gunung Jawa Tengah ini pun cukup mudah dilalui.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Gunung Andong, Magelang

2. Gunung Andong, Magelang

Gunung Andong umumnya didaki via jalur Sawit dan jalur Pendem. Puncak Gunung setinggi 1.726 mdpl ini biasanya dapat dicapai sekitar 1,5 hingga 2 jam.

3. Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang

Gunung Ungaran berada di ketinggian 2.050 mdpl. Terdapat dua puncak tertinggi Gunung Ungaran, yakni Puncak Botak dan Puncak Banteng Raider.

Puncak Botak bisa dicapai dari jalur Perantunan, sedangkan Puncak Banteng Raider biasa dicapai dari jalur Mawar. Waktu tempuh menuju puncak sekitar 2 hingga 3 jam dengan jalur yang cukup mudah untuk dilalui.

 


Bukit Mongkrang, Karanganyar

4. Bukit Mongkrang, Karanganyar

Berada di sebelah selatan Gunung Lawu terdapat Bukit Mongkrang dengan ketinggian 2.194 mdpl. Waktu tempuh untuk menuju puncak bukit yakni sekitar 2 jam.

Namun, jika kamu hanya ingin mendaki sampai puncak pertama, yakni Bukit Candi, bisa ditempuh hanya satu jam. Kedua puncak tersebut menyuguhkan panorama Gunung Lawu yang menjulang tinggi di sisi utara.

5. Gunung Bismo via Sikunang, Wonosobo

Gunung Bismo memiliki ketinggian 2.356 mdpl. Jika mendaki via jalur Sikunang di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, pendaki hanya perlu berjalan satu jam karena tersedia jasa ojek.

Setibanya di Puncak Indraprasta, pendaki akan disuguhi keindahan panorama 360 derajat yang begitu memukau. Dari puncaknya, terlihat Gunung Sindoro, Sumbing, Telaga Menjer, atap Jawa Tengah Gunung Slamet, hingga Dataran Tinggi Dieng.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya