Pesan Ganjar Pranowo untuk Mahasiswa Baru UGM

Oleh Yanuar H pada 08 Agu 2022, 22:33 WIB
Diperbarui 08 Agu 2022, 22:45 WIB
Jokowi dan Prabowo Bagikan Takjil di Solo
Perbesar
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut bagikan takjil bersama pasangan capres 'Jokowi-Amin' dan 'Prabowo-Sandi' di Plaza Manahan Solo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Yogyakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sekaligus Ketua Umum Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) memberikan pesan khusus kepada mahasiswa baru UGM. Ganjar Pranowo berpesan agar para mahasiswa tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk kuliah di UGM dan menjadi agen perubahan pada masa mendatang.  

"Selamat, ya. Diterima di UGM itu tidak mudah. Yang antre banyak banget. Saya berharap kamu jadi agen perubahan dan agen pembangunan. Kamulah yang akan melakukan modernisasi," ujarnya pada upacara penutupan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) di Lapangan Grha Sabha Pramana, Sabtu 6 Agustus 2022.

Ganjar mengatakan saat ini persoalan yang dihadapi bangsa saat ini banyak sekali. Hal inilah yang menjadi pekerjaan rumah bagi generasi penerus. 

"Banyak PR yang mesti dibereskan. Apakah kalian generasi yang akan memberikan solusi soal lingkungan, perdamaian dunia, energi, pangan, inovasi, dan tentu soal mimpimu dan jodohmu juga," katanya.

Ganjar Pranowo saat itu menyapa salah seorang mahasiswa penyandang berkebutuhan khusus tunanetra, Aulia Rahman, untuk tampil maju ke depan. Ganjar juga memanggil mahasiswa yang ditinggal oleh kedua orangtuanya karena sudah meninggal dunia, Ganjar pun memberi semangat kepada mereka untuk mengejar impiannya dengan berkuliah di UGM. 

"Kamu sekolah di UGM hari ini sudah benar," ujarnya.

Ia tidak ingin para mahasiswa bermalas-malasan atau terlalu banyak mengeluh. Menurutnya, saat jadi mahasiswa harus banyak ikut kegiatan organisasi intra dan ekstrakurikuler yang meningkatkan kompetensi softskill mahasiswa. 

"Sekarang UGM menyiapkan konversi agar kamu yang beraktivitas bisa dapat nilai (SKS)," kata Ganjar Pranowo.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat dan Alumni, Dr Arie Sujito mengatakan bahwa PPSMB UGM tahun ini mengangkat tema Bakti Gadjah Mada Pilar Intelektual Nusantara. Setelah selesai mengikuti kegiatan PPSMB sejak 1 Agustus, maka akan dilanjutkan dengan kegiatan rencana aksi mahasiswa di tengah masyarakat pada 8 hingga 13 Agustus 2022 mendatang. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberi ruang berkreasi, mewujudkan ide nyata dan bermanfaat bagi masyarakat sebagai wujud implementasi nilai-nilai ke-UGM-an. Pada tahun ini, action plan merupakan bentuk komitmen UGM dalam mewujudkan tujuan Sustainable Development Goals atau SDGs," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya