Tidak Harus Mahal, Ini 3 Perawatan Kulit yang Murah dan Ampuh

Oleh Switzy Sabandar pada 11 Agu 2022, 22:00 WIB
Diperbarui 11 Agu 2022, 22:00 WIB
skin care
Perbesar
Ilustrasi skin care /copyright shutterstock

Liputan6.com, Yogyakarta - Dalam satu bulan, rata-rata orang menghabiskan ratusan ribu rupiah atau bahkan lebih untuk membeli produk perawatan kulit (skincare). Bagi kamu yang sedang ingin berhemat, pasti akan berpikir berkali-kali untuk membeli skincare saat tanggal gajian tiba.

Namun, merawat wajah bukan hanya tentang menggunakan suatu produk. Lebih dari itu, semua yang dapat berkontribusi pada kesehatan kulit juga bisa disebut sebagai 'skincare'.

Mengutip dari Care Skin, ada tiga "skincare murah" dan ampuh yang patut kamu coba. Penasaran?

1. Olahraga teratur

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah berolahraga secara teratur. Olahraga secara teratur dapat membantu proses penyembuhan luka dan menekan proses radang.

Selain itu, olahraga teratur juga dapat membantu menurunkan tingkat stres karena adanya pelepasan hormon endorfin. Stres dapat memicu dan memperburuk kondisi kulit, seperti jerawat, dermatitis, dan lainnya.

2. Balanced and healthy diet

Air putih memiliki manfaat yang baik untuk kulit dan tubuh. Konsumsi air putih 8 gelas dalam sehari. Namun, jika kamu memiliki riwayat penyakit kronis seperti gagal ginjal atau gagal jantung, kamu bisa mengonsultasikan lebih dahulu dengan dokter ahli.

Selain itu, kamu juga perlu memperbanyak konsumsi makanan diet rendah glikemik. Kurangi makan makanan manis serta makanan olahan.

Priorotaskan makanan utuh untuk dikonsumsi, seperti ikan, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Mengonsumsi makanan sehat dapat membantu menyehatkan kulit dari dalam.

Sementara itu, jika kamu sedang diet, kamu perlu makanan yang bisa menjaga kadar antioksidan dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, seperti sayuran dan buah segar setidaknya 1-2 porsi buah dalam sehari.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa mengonsumsi minyak ikan atau lemak omega 3 yang dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Selanjutnya, jika kamu tidak mendapat paparan sinar matahari secara teratur, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen 800-1000 IU vitamin D.

3. Tidur yang cukup dan berkualitas

Kurang tidur dapat memicu produksi hormon Stress dalam tubuh yang dapat meningkatkan produksi sebum atau minyak. Kamu perlu tidur setidaknya 7-8 jam setiap malamnya.

Tidur di malam hari dapat membantu proses regenerasi kulit. Jika proses tersebut terganggu, maka dapat berdampak buruk pada tubuh dan kulit.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya