Sukses

Bukan Sekadar Ayam dan Sambal, Intip 5 Rekomendasi Ayam Geprek Yogyakarta yang Orisinal

Agar tidak salah pilih, berikut ini rekomendasi warung makan yang menyajikan ayam geprek yang orisinal di Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Bagi penyuka makanan pedas, sajian ayam geprek pasti menjadi salah satu makanan favorit yang tak bisa dilewatkan. Konon, makanan ini berasal dari Yogyakarta dan saat ini telah tersebar ke berbagai penjuru nusantara.

Ayam geprek merupakan sajian ayam goreng tepung yang diulek atau dilumatkan bersama sambal. Namun, terkadang kita menemukan sajian ayam geprek yang hanya menyajikan ayam dan sambal tanpa digeprek atau dilumatkan.

Agar tidak salah pilih, berikut ini rekomendasi warung makan yang menyajikan ayam geprek Yogyakarta yang orisinal:

1. Ayam Geprek Bu Rum

Sebelum restoran georek menjamur seperti saat ini, Ayam Geprek Bu Rum merupakan pionir kuliner geprek di Yogyakarta sejak 2003. Selain rasanya yang enak, harga makanan di Ayam Geprek Bu Rum juga cukup ramah di kantong.

Sepiring ayam geprek, lengkap dengan sayur tambahan, seperti kuah tongseng, sup, lodeh, dan nasi dihargai tak sampai Rp20.000. Selain itu, kamu juga bebas mengambil nasi sepuasnya.

Tak heran jika Geprek Bu Rum selalu ramai pengunjung, terlebih ketika jam makan siang. Tempat makan ini sudah memiliki beberapa cabang di berbagai wilayah di Yogyakarta.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Geprek Bu Made

2. Geprek Bu Made

Rekomendasi selanjutnya yakni Geprek Bu Made yang berlokasi di Jalan Wulung Nomor 26, Papringan, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Bagi penyuka pedas, tempat yang identik dengan tenda birunya ini akan sangat cocok untukmu.

Pasalnya, kamu bebas meminta jumlah cabai yang diinginkan. Selain nasi dan ayam geprek, di tempat makan ini juga menyediakan sayur tongseng dengan cita rasa gurih.

3. Preksu

Rekomendasi yang satu ini tak boleh dilewatkan. Preksu adalah gabungan dari 'geprek' dan 'susu'.

Susu disebut baik untuk meredakan rasa pedas di lidah. Ayam geprek di Preksu memiliki berbagai varian, mulai dari geprek keju hingga barbeque.

Tempat makan ini juga telah memiliki banyak cabang di berbagai wilayah Yogyakarta. Menariknya, buat kamu yang menjalankan puasa sunah Senin dan Kamis atau bisa membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, akan mendapatkan nasi ayam geprek dan es teh secara gratis.

 

3 dari 3 halaman

Geprek Bu Nanik

4. Warung Ayam Geprek Bu Nanik

Sama seperti beberapa rekomendasi di atas, Warung Ayam Geprek Bu Nanik juga menyajikan nasi, ayam geprek, beberapa pilihan sayuran, dan kuah tongseng. Tempat makan ini berlokasi juga bisa ditemukan di berbagai wilayah di Yogyakarta karena telah memiliki beberapa cabang.

5. Ayam Geprek Pak Wage

Warung ayam geprek yang satu ini menjadi warung langganan para mahasiswa. Berlokasi di sebuah teras rumah, ayam geprek di sini renyah dengan sambal yang tak sekadar pedas, tetapi juga gurih dan nagih.

Kamu bisa minta tambahan lauk, seperti tahu, tempe, atau terong. Ayam Geprek Pak Wage memiliki beberapa cabang di Yogyakarta.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.