Warga Kalsel Gotong Royong Gelar Tradisi Masak Bubur Asyura, Begini Resepnya

Oleh Ahmad Apriyono pada 08 Agu 2022, 16:53 WIB
Diperbarui 08 Agu 2022, 16:53 WIB
Bubur Asyura
Perbesar
Ilustrasi Bubur Asyura Credit: pexels.com/Maemu

Liputan6.com, Jakarta - Bertepatan dengan tanggal 10 Muharram 1444 hijriah, Senin 8 Agustus 2022, masyarakat di Kalsel menggelar tradisi memasak bubur Asyura. Salah satunya digelar di Komplek Kayu Bulan, Sungai Andai, Banjarmasin Utara, Kalsel. Para ibu-ibu tampak gotong royong memasak bubur Asyura yang sudah menjadi tradisi di masyarakat tersebut.

"Setelah masak nanti dibagikan ke masyarakat," ujar salah seorang ibu bernama Nuryani.

Nuryani menceritakan, ada sekitar satu blek (20 liter) beras yang mereka masak dengan bahan-bahan lainnya, yakni sebanyak 41 macam rempah.

"Setiap tahun pada 10 Muharram kita laksanakan ini, sudah jadi tradisi," ujarnya.

Selain itu gotong royong tradisi masak bubur Asyura di Jalan Jendral Gatot Subroto Komplek Pondok Karya Bersama di Banjarmasin Timur. Di sana warga memasak beragam rempah seperti aneka sayuran, kacang kacangan dan umbi-umbian.

Peringatan 10 Muharram 1444 Hijriah pada 8 Agustus 2022 ini juga dirayakan Pemerintah Provinsi Kalsel di Kantor Sekdaprov Kalsel di Kota Banjarbaru.

Kegiatan tradisi yang sudah turun temurun digeluti umat Muslim di Kalsel tersebut dipimpin langsung Gubernur Kalsel Dr (HC) Sahbirin Noor bersama Aparatur Sipil Negara (ASN). Gubernur menyatakan, tradisi masyarakat ini akan terus dilestarikan.

Diungkapkan Kepala Biro Kesra Ahmad Solhan, tradisi ini digelar dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1444 H, sekaligus ajang silaturahmi Gubernur dengan karyawan/karyawati lingkup Pemprov Kalsel.

"Sekitar 3.000 porsi bubur yang kita bagikan. Selain untuk karyawan SKPD, juga akan kita bagikan pada masyarakat sekitar perkantoran provinsi," ujarnya.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Perang Karbala

Diketahui, pembuatan bubur tersebut menghabiskan sebanyak tiga blek beras, atau setara dengan 60 liter. Bubur yang konon terdiri dari 41 bahan tersebut telah dimasak sejak pukul 03.00 dini hari. Tradisi membuat bubur Asyura berkaitan dengan kisah ketika Nabi Muhammad SAW masih hidup.

Saat itu Perang Badar sedang berlangsung. Usai perang, jumlah prajurit Islam menjadi lebih banyak. Saat itu seorang sahabat Nabi Muhammad SAW memasak bubur. Namun jumlah makanan yang ia buat tak mencukupi karena jumlah prajurit yang begitu banyak.

Akhirnya Nabi Muhammad SAW memerintahkan para sahabatnya untuk mengumpulkan bahan apa saja yang tersedia untuk kemudian dicampurkan ke bubur tersebut agar jumlahnya cukup dan bisa didistribusikan pada semua prajurit.

Selain itu, 10 Muharram bertepatan juga dengan peristiwa penting dalam sejarah Islam. Yakni Perang di Karbala ketika Husain, cucu Nabi Muhammad SAW terbunuh.


Resep Bubur Asyura

Bahan-bahan:- 3 cup beras putih

- 500 ml santan cair

- 300 g daging ayam

- air secukupnya

- garam, gula, lada dan kaldu bubuk secukupnya

Sayuran (bisa disesuaikan sendiri):

- 1/2 buah bawang bombay

- 1 buah wortel

- 1 genggam bayam1 buah jagung manis

- 1 lembar kubis

- 1 batang daun bawang

- 1 batang seledri

Bumbu halus:

- 6 siung bawang merah

- 4 siung bawang putih

- 4 butir kemiri1 ruas kunyit

- 1 ruas jahe1/2 sdt ketumbar bubuk

- 1/2 sdt merica bubuk

- 1/2 sdm bumbu kare (bisa diganti jintan, adas, kapulaga, pala secukupnya)

- Garam, gula dan kaldu jamur secukupnya

Bumbu utuh:

- 2 batang serai

- 2 lembar daun salam

- 1 batang kayu manis (5-7 cm)


Cara Membuat

1. Potong-potong kecil daging ayam, cuci bersih lalu lumuri dengan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit lalu bilas bersih. 

2. Cuci beras lalu masukkan ke dalam panci bersama air agak banyak, masak sambil sesekali diaduk agar matang merata. Bisa juga menggunakan penanak nasi untuk membuat bubur.

3. Cincang kecil semua sayuran, sisihkan.

4. Sementara menunggu, tumis bawang bombay hingga harum, masukkan bumbu halus, tumis hingga harum. 

5. Masukkan ayam, tumis bersama bumbu hingga ayam berubah warna. Tuang santan dan air secukupnya. Masukkan garam, gula, lada dan kaldu bubuk secukupnya, aduk rata lalu masak ayam selama 20 menit.

6. Masukkan sayuran, masak lagi selama 15 menit. Jika sudah matang, angkat.

7. Jika nasi sudah matang, masukkan ayam beserta sayuran. Aduk rata, masak bersama hingga rasanya menyatu. Tes rasa, jika sudah pas, angkat.

Sajikan bubur asyura untuk perayaan 1 Suro dengan topping telur rebus, taburan bawang goreng dan kerupuk.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya