Daftar Transportasi Umum di Surabaya Lengkap dengan Rutenya

Oleh Panji Prayitno pada 11 Agu 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 11 Agu 2022, 12:00 WIB
Daftar Transportasi Umum di Surabaya Lengkap Dengan Rutenya
Perbesar
Bus salah satu angkutan umum yang disediakan Pemkot Surabaya. Foto (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya merupakan salah satu kota dengan tingkat kemacetan yang dianggap cukup parah di Jawa Timur. Jika dihadapkan pada jam tertentu, sebagai pengendara terkadang merasa lelah jika harus bertarung dengan lalu lintas yang padat di Surabaya.

Dalam upaya mengurangi kemacetan kendaraan, Pemkot Surabaya mengoptimalkan angkutan umum. Kondisi mobil angkutan umum yang disediakan sangat memadai.

Namun, luasnya Surabaya membuat kita harus lebih cermat memilih angkutan umum yang sesuai arah tujuan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftar angkutan umum di Surabaya nyaman hindari macet:

Suroboyo Bus

Suroboyo Bus menyediakan transportasi umum di Surabaya dengan operasi bis rute, memiliki 4 rute bus dengan 98 titik pemberhentian di Surabaya.

Bus ini mencakup area dari utara yaitu Krembangan Selatan dengan pemberhentian di Halte Rajawali ke Selatan atau Menanggal dengan satu pemberhentian di Dukuh Menaggal. Pemberhentian barat bus rute ada di Babatan 1 atau Lidah Wetan dan pemberhentian paling timur adalah Halte Kenpark di Sukolilo.

Trans Semanggi Suroboyo

Transportasi Trans Semanggi Suroboyo awalnya dibentuk dengan tujuan untuk mengecilkan angka sampah plastik di Surabaya. Warga Surabaya sangat mendukung program ini namun karena peminat yang tinggi akhirnya trasportasi bus ini dibuka untuk umum.

Adapun jalur Trans Semanggi terkoneksi dengan Terminal Purabaya, Tanjung Perak, Raya Lidah Wetan, Karang Menjangan, dan UNAIR. Transportasi ini dikenakan biaya 2000 untuk pelajar dan 3000 untuk umum, informasi lengkap menegani rute bisa Anda temukan di akun Instagram official Trans Semanggi dan selalu ada petunjuk di Halte Bus.

DAMRI

Damri memiliki dua pemberhentian berangkat dari Terminal 1 Bandara Juanda dan Terakhir Terminal Purabaya, untuk keberangkatan rute Damri Surabaya, ada beberapa jam operasional Seperti Bus Damri Bandara Juanda – Terminal Purabaya. Bus Damri Bandara Juanda – Terminal Bunder Gresik. Bus Damri Jember – Surabaya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Angkutan Surabaya

Ada beberapa angkutan serbaguna seperti angkutan umum mobil, becak, dengan angkutan ini bisa mengakses daerah-daerah kecil di Surabaya, selain itu Anda harus menghafalkan rute dari angkutan umum ini, yang dikisarkan terdapat 57 rute. 

KAI

KAI yang beroperasi khusus di Surabaya biasa disebut KA Komuter yang diperuntukan untuk akomodasi masyarakat Surabaya yang aktivitasnya bekerja dan mahasiswa.

Kereta ini melayani keberangkatan pagi siang sore dan berakhir di Stasiun Sidoarjo, dan saat ini ditambah hingga Gresik. Pemberhentiannya ada di Stasiun Kandangan, Stasiun Wonokromo, Pasar Turi, Gubeng dan memasuki wilayah Sidoarjo mulai dari Stasiun Waru, Gedangan dan berakhir di Sidoarjo Kota.

Alternatif Ojek Daring

Ojek daring yang di Surabaya dan Sidoarjo sangat mudah ditemukan dan dijangkau, tersedia dari Uber, Gojek, dan Grab. Hampir tidak ada wilayah yang tidak dijangkau oleh ojek daring.

Bahkan beberapa driver yang menggunakan roda empat juga sering menawari untuk lewat tol agar lebih cepat sampai.

 

Penulis: Aisyah Salma Izzatunnisa

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya