Tips Cara Perawatan Rambut di Rumah, Hanya Butuh 7 Produk

Oleh Huyogo Simbolon pada 09 Agu 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 09 Agu 2022, 21:00 WIB
Tips Perawatan Rambut agar Kembali Segar dan Bebas Lepek Setelah Mudik
Perbesar
(c) Shutterstock

Liputan6.com, Bandung - Selain merawat kulit, rambut juga penting untuk dirawat. Merawat rambut dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Bagi kamu yang ingin mulai melakukan perawatan rambut, simak info di bawah ini.

Merawat rambut sangat penting untuk dilakukan. Rambut yang tidak dirawat akan mengalami permasalahan rambut seperti rambut patah, rambut bercabang, rambut kering, maupun ketombe.

Perawatan rambut mudah dilakukan di rumah. Banyak produk yang dapat digunakan untuk melakukan perawatan rambut. Dengan produk-produk ini kamu akan mendapatkan rambut cantik ala salon walaupun hanya dari rumah.

Berikut tujuh produk yang bisa kamu gunakan untuk melakukan perawatan rambut di rumah. 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Daftar Produknya

Minyak Zaitun
Perbesar
Ilustrasi minyak zaitu bisa digunakan sebagai produk kecantikan sebelum tidur. Credits: pexels.com by Pixabay

1. Minyak Rambut

Minyak rambut menjadi langkah awal dalam perawatan rambut. Minyak rambut yang dapat digunakan seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak almond, dan lain-lain. 

Minyak rambut sangat cocok buat kamu yang memiliki rambut kering. Minyak ini berguna untuk melembabkan, memperkuat akar, hingga mempercepat pertumbuhan rambut. Buat kamu yang memiliki rambut cenderung berminyak, perawatan rambut menggunakan minya rambut ini bisa dilewatkan.

Minyak rambut digunakan sebelum keramas. Caranya tuangkan minyak rambut secukupnya. Ratakan ke seluruh rambut, lalu tunggu selama satu jam. Terakhir, bilas menggunakan air hingga bersih.

2. Sampo

Sampo merupakan perawatan rambut yang sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Sampo cukup dilakukan tiga hari sekali atau saat kamu merasa kepalamu sudah sangat kotor akibat beraktivitas di luar ruangan. Jangan menggunakan sampo setiap hari karena dapat merusak rambut.

Sampo terdapat banyak macam kegunaannya, seperti untuk ketombe, rambut rontok, atau mengkilaukan rambut. Pilih sampo yang sesuai dengan kebutuhan rambut kamu. 

Cara melakukan perawatan rambut selanjutnya yaitu rambut yang telah diberi minyak rambut, selanjutnya dicuci bersih menggunakan sampo. Sampo berguna untuk membersihkan minyak, kotoran, debu, ketombe yang ada di rambut. Tuangkan sampo ke tangan dan ratakan ke seluruh kepala. Selanjutnya, bilas menggunakan air.

3. Kondisioner

Kondisioner berfungsi untuk melembabkan rambut. Rambut yang lembab akan terhidar dari kerusakan rambut. Kondisoner juga dapat melembutkan dan menghaluskan rambut.


Selanjutnya

Hair Spray Semprotan Rambut
Perbesar
Ilustrasi Foto Hair Spray (iStockphoto)

4. Toner Rambut

Toner rambut memiliki fungsi utama untuk memperkuat struktur rambut. Toner rambut digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok karena dapat memperkuat akar. Fungsi lain dari toner rambut yaitu mencegah ketombe, membuat rambut berkilau, hingga menutrisi kulit kepala.

Cara pakai toner rambut yaitu setelah selesai keramas. Saat rambut setengah kering, tuangkan toner lalu ratakan ke seluruh rambut. Pijat-pijat rambut selama dua menit, lalu diamkan hingga toner meresap.

5. Spray Rambut

Spray rambut atau dikenal sebagai hair mist cocok untuk digunakan bagi orang yang suka beraktivitas di luar ruangan. Aktivitas di luar ruangan membuat rambut kusam dan kering. Spray rambut berguna untuk menyegarkan rambut dan menjaga rambut agar tetap wangi.


Berikutnya

Masker rambut
Perbesar
Pastikan kamu memakai masker rambut yang benar/copyright shutterstock

6. Masker Rambut

Masker rambut merupakan salah satu perawatan tambahan. Masker rambut tidak boleh dilakukan setiap hari. Kamu boleh menggunakan masker ini sekali dalam seminggu.

Masker rambut memiliki tekstur seperti krim. Cara menggunakan masker rambut yaitu dengan cara basahkan rambut terlebih dahulu. Ambil masker rambut secukupnya. Ratakan ke seluruh rambut. Diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

Masker rambut berguna untuk menutrisi rambut. Terdapat banyak macam manfaat yang bisa digunakan sesuai kebutuhan rambut. Kamu juga bisa menggunakan masker rambut alami seperti lidah buaya.

7. Serum Rambut

Serum rambut cocok digunakan jika kamu sering menggunakan hair dryer atau hair styling. Kedua hal tersebut dapat merusak rambut. Serum rambut berfungsi untuk melindungin rambut dari kerusakan.

Cara menggunakan serum rambut yaitu sebelum melakukan hair dryer atau hair styling. Pastikan kamu sudah keramas dan rambut dalam keadaan setengah kering. Tuangkan serum rambut pada tangan. Ratakan serum dari batang rambut hingga ujung rambut. Jangan sampai mengenai akar rambut karena akan membuat kepala rambut berminyak dan ketombe.

Itu dia tujuh perawatan rambut yang bisa kamu lakukan di rumah. Jangan lupa untuk merawat rambut agar tetap kuat dan sehat. Kamu juga bisa perhatikan makanan yang mengandung vitamin untuk rambut.

 

Penulis: Najwa Rahmadina

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya