Sensasi Green Citumang Tak Kalah dengan Green Canyon, Berani Mencoba?

Oleh Jayadi Supriadin pada 09 Agu 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 09 Agu 2022, 06:00 WIB
Rombongan pengunjung OJK Tasikmalaya, mulai memasuki kawasan wisata Green Citumang, Pangandaran yang dikenal air jernihnya. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Perbesar
Rombongan pengunjung OJK Tasikmalaya, mulai memasuki kawasan wisata Green Citumang, Pangandaran yang dikenal air jernihnya. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Liputan6.com, Pangandaran - Pangandaran ternyata gak cuma pantai, di kawasan wisata itu ada wisata yang kini tengah hits di kalangan traveler, namanya Green Citumang. Meski terbilang baru, sajian alam kawasan wisata di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, atau sekitar 15 kilometer dari Pangandaran itu, tak kalah dengan Green Canyon.

Salah satu keunikan Green Citumang yakni aliran air jernih dari hulu sungai yang berasal dari sebuah gua. Kehadiran akar pepohonan yang merambat kerap dijadikan pegangan pengunjung untuk mencoba sensasi melompat dari ketinggian.

"Pengunjung bisa menikmati sajian melompat dari ketinggian mulai 3 meter, 7 meter, hingga 12 meter, silahkan mencoba," ujar Adi, salah satu pengelola Citumang Full Body Rafting, beberapa waktu lalu.

Sebelum menikmati sajian Sungai Citumang, pengunjung bakal penyusuri pemukiman pendududuk. Tak ketinggalan dua kolam besar menyajikan terapi ikan bagi pengunjung yang datang.

Sensasi wisata lainnya yang tak kalah seru antara lain body rafting hingga ‘oorayan’ atau permainan air dengan menempatkan peserta secara berderet di atas air layaknya ular yang tengah melintasi sungai.

"Seluruh pengunjung wajib menggunakan life jacket selama bermain air di Citumang," ujar dia mengingatkan.

Selain life jacket, beberapa tali tambang terlihat melintang di atas Sungai Citumang sebagai pegangan bagi pengunjung. Tak mengherankan meskipun debit terbilang sedang, keamanan pengunjung tetap menjadi perhatian selama berwisata di sana.

"Anda juga bisa menikmati sajian spot foto natural yang berasal dari seluruh kawasan Green Citumang," ujar dia.

Nova, salah satu pengunjung asal Tasikmalaya mengaku puas menikmati sajian alam Citumang. Selain alamnya yang asri, keramahan warga sekitar membuat betah di sana.

"Suasana alamnya sangat terasa meskipun menginap di dalam hotel kontainer," kata dia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Konsep Glamping

Dua orang pengunjung tengah menikmati sajian alam air jernih kawasan wisata sungai green Citumang, Pangandaran. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Perbesar
Dua orang pengunjung tengah menikmati sajian alam air jernih kawasan wisata sungai green Citumang, Pangandaran. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Dani, salah satu pengelola hunian HAU Eco Lodges Citumang mengatakan, konsep wisata alam Citumang memadukan kelestarian ekologi dengan budaya masyarakat sekitar.

"Dulunya kawasan ini adalah jurang, namun kini telah diratakan dan ditanam sekitar 300 tanaman sebelum kami simpan kontainer di sini," ujarnya.

Menggunakan konsep glamping alias glamor kamping ala hotel berbintang, kehadiran deretan kontainer berwarna yang disulap menjadi kamar hunian di alam terbuka, menjadi pilihan yang cocok bagi Anda untuk menikmati sajian alam Citumang.

"Jadi eco lodges ini tetap konsen dengan isu lingkungan untuk menjaga kelestarian alam Citumang," ujar dia.

Dan benar saja, selama Anda berwisata di sana, rimbunan pepohonan yang berada di samping kanan kiri hotel ‘kontainer’, menjadikan ‘kanapi alam’ alam yang teduh sekaligus pemandangan sehari-hari selama menikmati sajian alam Citumang.

"Saat Anda main ke HAU Citumang, bisa dilihat aneka jenis tanaman yang dibibitkan untuk tetap menjaga kelestarian alam," kata dia.

So nunggu apa lagi bagi Anda yang sudah merencakan liburan akhir tahun, tak ada salahnya mencoba sensasi wisata alam terbuka Green Citumang. Selain asri, juga mampu menambah wawasan lingkungan mengenai kelestarian alam sekitar.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya