Sukses

5 Jalur Pendakian Gunung Slamet yang Jadi Favorit Para Pendaki

Berikut 5 jalur pendakian Gunung Slamet yang jadi favorit para pendaki

Liputan6.com, Yogyakarta - Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Gunung Slamet memiliki ketinggian hingga 3.432 mdpl.

Gunung Slamet termasuk dalam gunung berapi yang masuk kedalam 5 kabupaten, yakni Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, serta Kabupaten Pemalang. Gunung Slamet menjadi salah satu gunung favorit para pendaki.

Gunung ini terkenal memiliki medan pendakian yang cukup sulit, sehingga cukup menantang bagi para pendaki. Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 jalur pendakian Gunung Slamet yang jadi favorit para pendaki.

1. Jalur Guci

Jalur Guci sangat populer di kalangan pendaki Gunung Slamet. Jalur pendakian ini terletak di Desa Guci, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah.

Di jalur ini, pendaki akan melewati 5 pos pendakian dengan durasi waktu sekitar 12 jam untuk mencapai puncak Gunung Slamet. Desa Guci juga terkenal sebagai desa wisata, di desa ini terdapat pemandian air panas.

Para pendaki dapat mencoba melepas penat setelah mendaki Gunung Slamet, di pemandian air panas ini.

2. Jalur Bambangan

Jalur pendakian Gunung Slamet ini terletak di Kabupaten Purbalingga. Para pendaki akan membutuhkan waktu sekitar 10 jam untuk mencapai puncak Gunung Slamet dari jalur ini.

Pendakian dijalur ini dapat dilakukan 2 hari 1 malam. Pendaki akan melewati 9 pos jika mendaki Gunung Slamet melalui Jalur Bambangan.

Jalur Bambangan ini menjadi salah satu jalur pendakian Gunung Slamet yang cukup populer.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalur Kaliwadas, Cemara Sakti dan Baturraden

3. Jalur Kaliwadas

Jalur Kaliwadas adalah jalur pendakian Gunung Slamet yang berada di Dusun Kaliwadas, Kecamatan Sirampong, Kabupaten Brebes. Jalur ini mempunyai hutan yang lebat dengan 5 pos sebagai area berkemah.

Jalur ini berada di sebelah barat Gunung Slamet. Jika pendaki mendaki Gunung Slamet memalui Jalur Kaliwadas dibutuhkan durasi waktu pendakian sekitar 10 jam untuk mencapai puncak.

4.Jalur Cemara Sakti

Jalur Cemara Sakti terletak di Pulosari, Kabupaten Pemalang. Terdapat 6 Pos Pendakian di Jalur Purwosari ini dengan durasi waktu pendakian sekitar 9 sampai 10 jam untuk mencapai puncak Gunung Slamet.

Di Jalur Purwosari terdapat tanjakan yang terkenal bernama Tanjakan Polisi Tidur. Jalur pendakian ini terkenal juga sebagai jalur yang cukup mudah untuk para pendaki.

5. Jalur Baturraden

Wisata Baturraden tidak hanya Pancuran Pitu, di kawasan Baturraden juga terdapat jalur pendakian Gunung Slamet. Walaupun berada di kawasan wisata, jalur ini masih terbilang cukup sepi digunakan oleh pendaki.

Sebab jalur pendakian ini masih sepi dan dirimbuni oleh semak-semak.  Jalur Baturraden yang terletak di wilayah Purwokerto, Kabupaten Banyumas ini memiliki 6 pos pendakian.

Pendaki membutukan waktu mpuh sekitar 11 jam untuk mencapai puncak melalui jalur pendakian ini. Pendaki bisa mencoba jalur ini sambil berwisata di Baturraden.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.