Sukses

10 Destinasi Wisata di Dekat Malioboro, Bisa Ditempuh dengan Jalan Kaki

Tak perlu jauh-jauh, cukup di beberapa destinasi wisata dekat Malioboro berikut ini.

Liputan6.com, Yogyakarta - Berlibur ke Yogyakarta, rasanya kurang pas jika tidak menikmati sensasi berbelanja di Malioboro. Apalagi saat ini pusat belanja di Malioboro sudah tertata rapi di Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2.

Sebelum berjalan-jalan dan berbelanja oleh-oleh di Malioboro, akan menyenangkan jika mengunjungi beberapa destinasi wisata terlebih dahulu. Tak perlu jauh-jauh, cukup di beberapa destinasi wisata dekat Malioboro berikut ini:

1. Kampung Wisata Sosromenduran

Kampung Wisata Sosromenduran yang berada di tengah kota ini bisa menjadi destinasi yang pas untuk berwisata. Destinasi wisata ini hanya berjarak sekitar 800 meter dari Malioboro.

Kampung wisata berbasis multibudaya ini memiliki fasilitas yang lengkap, di antaranya hotel, homestay, warung, restoran, tempat penukaran uang, kafe, hingga tempat penyewaan kendaraan. Lokasi yang dekat dengan Malioboro akan mempermudah pengunjung untuk berjalan-jalan karena bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki dan tak perlu repot mencari area parkir.

2. Tugu Pal Putih

Tugu Pal Putih atau Monumen Tugu Yogyakarta berada di tengah Kota Yogyakarta atau sekitar 1-3 km dari Malioboro. Monumen yang didominasi warna putih ini memiliki nilai simbolis dan merupakan bangunan yang menghubungkan Pantai Parangtritis, Panggung Krapyak, Keraton Yogyakarta, dan Gunung Merapi.

Pengunjung bisa berjalan kaki dari Malioboro menuju ke tempat ini untuk sekadar berfoto. Tak jauh dari situ, banyak tempat nongkrong, seperti kafe maupun restoran yang bisa dijadikan tempat bersantai.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Titik Nol

3. Titik Nol Kilometer

Selain Kampung Wisata Sosromenduran dan Tugu Pal Putih, destinasi wisata yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki dari Malioboro adalah Titik Nol Kilometer. Jaraknya hanya sekitar satu kilometer dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama sekitar 15 menit.

Saat ada acara tertentu, tempat ini menjadi lokasi pertunjukan musik, tari, dan beberapa acara hiburan dan kesenian lainnya. Terdapat juga spot foto berlatar bangunan bersejarah dengan arsitektur khas Belanda yang terkenal dan masih berdiri kokoh, yakni Gedung Bank Indonesia.

4. Jogja National Museum (JNM)

Jogja National Museum (JNM) adalah sebuah tempat wisata sejarah yang ada dekat kawasan Malioboro. JNM berjarak sekitar 2 km dari Malioboro.

Museum ini dulunya adalah area kompleks gedung Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) yang kini sudah berdiri sendiri menjadi Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Setelah bertahun-tahun tak terurus, gedung ini pun dijadikan museum pada tahun 2006 dan digunakan sebagai ruang aktivitas seni dan budaya untuk publik.

5. Taman Pintar

Jika kamu mencari wisata edukasi dengan fasilitas yang cukup lengkap, maka Taman Pintar adalah pilihan yang tepat. Taman Pintar memiliki beberapa wahana, yakni Ruang Planetarium, Wahana Bahari, Area Perpustakaan, Gedung Kotak, dan Gedung Oval.

Jika berkunjung ke tempat wisata ini, pengunjung bisa mendapatkan edukasi tentang sejarah, teknologi, flora, dan fauna. Taman Pintar dibuka setiap hari mulai pukul 08.30 WIB hingga 16.00 WIB.

 

3 dari 4 halaman

Pasar Beringharjo

6. Pasar Beringharjo

Sebagai salah satu pasar bersejarah di Kota Yogyakarta, tempat transaksi jual beli ini merupakan pilihan tepat untuk wisatawan yang ingin mencari barang khas Yogyakarta dengan harga miring. Batik dan kerajinan khas Yogyakarta yang ditawarkan cukup beragam dan cocok dijadikan oleh-oleh.

Sama seperti Kampung Wisata Sosromenduran, Tugu Pal Putih, dan Titik Nol Kilometer, untuk menuju ke lokasi ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Pasar Beringharjo hanya berjarak 700 meter dari Malioboro.

7. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo. merupakan destinasi wisata budaya sekaligus sejarah yang cukup populer. Museum ini menyimpan berbagai jenis koleksi, mulai dari geologi hingga teknologi.

8. Alun-Alun Kidul

Lokasi selanjutnya yang cukup dekat dengan Malioboro adalah Alun-alun Kidul (Alkid). Pada malam hari, biasanya tempat ini cukup ramai oleh pengunjung yang ingin menikmati suasana malam Yogyakarta.

Salah satu aktivitas yang terkenal adalah melewati Pohon Beringin Kembar dengan menutup mata. Menurut kepercayaan setempat, bagi yang bisa melewati Pohon Beringin Kembar dengan lurus sambil menutup mata, maka impian atau tujuan hidupnya akan tercapai.

 

4 dari 4 halaman

Taman Sari

9. Taman Sari

Taman Sari merupakan reruntuhan taman air dan pemandian yang terletak di sebelah barat daya Keraton Yogyakarta. Dulunya tempat ini disebut sebagai tempat mandi para putri kerajaan.

Destinasi wisata ini cukup dekat dengan Malioboro dan hanya membutuhkan sekitar 10 menit berkendara untuk sampai ke tujuan.

10. Plengkung Gading

Bangunan bersejarah lainnya yang cukup hits di Yogyakarta adalah Plengkung Gading. Bangunan ini memiliki arsitektur berupa gapura yang menyerupai terowongan.

Plengkung Gading berwarna putih dengan ukiran ini kerap dijadikan latar foto oleh para wisatawan. Bangunan yang merupakan bagian dari Keraton Yogyakarta ini dianggap suci dan sakral bagi masyarakat sekitar.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.