3 Ide Bisnis Tanpa Modal, Berani Coba?

Oleh Switzy Sabandar pada 11 Agu 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 11 Agu 2022, 13:00 WIB
Ilustrasi Akuisisi, Kesepakatan Bisnis
Perbesar
Ilustrasi Akuisisi, Kesepakatan Bisnis

Liputan6.com, Yogyakarta - Kemajuan perkembangan teknologi dan informasi, membuat segala hal bisa dilakukan secara online atau daring, tak terkecuali dengan berbisnis. Kamu bisa mengandalkan platform online dan memulai dari apa yang dimiliki untuk memulai bisnis.

Beberapa bisnis tanpa modal yang bisa kamu mulai tersebut, antara lain:

1. Menjadi dropshipper atau reseller

Ide bisnis pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menjadi reseller atau dropshipper. Menjadi reseller atau dropshipper berarti kamu menjual produk orang lain (supplier) di toko kamu sendiri dengan sedikit menaikkan margin harga untuk mencari keuntungan.

Kamu hanya perlu smartphone dan kuota internet untuk memulai bisnis ini. Keuntungan dari bisnis ini adalah kamu tidak perlu repot menyetok barang atau mengemas pesanan karena semua itu akan dilakukan oleh supplier.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Jualan Barang Bekas

2. Berjualan preloved atau barang bekas

Jika kamu punya banyak barang bekas yang masih layak pakai, maka ide bisnis yang satu ini akan cocok untukmu. Kegiatan menjual barang bekas ini populer dengan nama thrift atau preloved.

Kamu bisa menjual pakaian, peralatan rumah tangga, kosmetik, hingga produk perawatan kulit (skincare) yang tidak cocok di kulitmu. Namun, jika kamu menjual kosmetik atau skincare, pastikan produknya masih layak pakai dan tidak melewati tanggal kedaluwarsa.

3. Menjadi influencer

Ide selanjutnya mungkin sudah banyak dilakukan oleh sebagian besar orang, yakni menjadi influencer. Influencer merupakan seseorang yang memiliki kekuatan dalam memberikan pengaruh ke orang lain mengenai suatu hal atau suatu produk tertentu.

Kamu bisa memulai menjadi influencer dengan memberikan review atau informasi mengenai hal yang sudah kamu suka dan pahami. Kamu bisa membahas tentang masakan dan makanan, make up dan skincare, film, buku, sejarah, atau budaya.

Kamu bisa menggunakan platform YouTube, Instagram, atau Tiktok. Bermodalkan rasa percaya diri yang besar dan kepandaian dalam berbicara di depan kamera, sudah cukup untuk memulai menjadi seorang influencer.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya