Ini 5 Manfaat Tomat yang Tak Terduga, Salah Satunya Bikin Stabil Suasana Hati

Oleh Switzy Sabandar pada 08 Agu 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 08 Agu 2022, 19:00 WIB
Tomat
Perbesar
Ilustrasi Tomat Credit: pexels.com/Jess

Liputan6.com, Yogyakarta - Tomat dikenal sebagai buah yang rendah kalori dan lemak serta kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan kalium. Buah ini juga mengandung berbagai antioksidan, seperti likopen, lutein, dan zeaxanthin.

Banyaknya kandungan vitamin dalam tomat membuat buah yang umumnya berwarna merah dan hijau ini memiliki banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapat jika rutin mengonsumsi tomat:

1. Mencegah penuaan dini

Kandungan karotenoid dan likopen di dalam tomat dapat mencegah penurunan produksi kolagen dalam tubuh. Sedangkan kandungan vitamin C dalam tomat juga berfungsi sebagai perangsang kolagen.

Selain itu, menginsumsi tomat secara teratur juga dapat mengurangi sengatan sinar matahari, sehingga mengurangi risiko tumor kulit karena UVB. Tak hanya itu, dengan rutin mengonsumsi akan memberikan banyak manfaat tomat untuk kulit, di antaranya mencegah penuaan dini pada kulit yang ditandai dengan munculnya kerutan maupun garis-garis halus, kulit kendur, dan kulit tampak kusam.

2. Membantu stabilkan suasana hati

Sumber asam folat dan asam alfa-lipoat yang baik untuk melawan Depresi ada pada tomat. Kandungan asam folat diyakini dapat mencegah kelebihan asam amino homosistein yang dapat menurunkan produksi dua hormon yang dapat mengendalikan susasana hati, yaitu serotonin dan dopamin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Kesehatan Mata

3. Menjaga kesehatan mata

Seperti yang kita tahu, tomat memang baik untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan tomat memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin.

Lutein dan zeaxhantin adalah dua bentuk vitamin A yang diketahui dapat mencegah kerusakan mata akibat pertambahan usia, seperti degenerasi makula. Degenerasi makula adalah gangguan penglihatan yang biasanya terjadi pada orang lanjut usia (lansia).

Kedua antioksidan tersebut juga diketahui dapat mencegah kerusakan mata akibat cahaya biru yang berasal dari layar ponsel maupun komputer. Kamu bisa mengonsumsi tomat dengan cara mengolahnya menjadi jus atau mengonsumsinya secara langsung.

4. Mengontrol tekanan darah

Tomat diketahui kaya akan kalium. Kalium bermanfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Kalium di dalam tomat mampu mengurangi efek natrium yang dapat meningkatkan tekanam darah. Oleh karena itu, mengonsumsi tomat sangat baik bagi penderita tekanan darah tinggi.

5. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dan air dalam tomat bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan. Serat diketahui dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah sembelit.

(Resla Aknaita Chak)

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya