5 Tips Merawat Tanaman di Rumah Agar Tumbuh Subur

Oleh Huyogo Simbolon pada 09 Agu 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 09 Agu 2022, 18:44 WIB
perempuan dan tanaman
Perbesar
Ilustrasi merawat tanaman di rumah/copyright shutterstock

Liputan6.com, Bandung - Akhir-akhir ini, merawat tanaman banyak dijadikan hobi baru oleh masyarakat. Merawat tanaman banyak disukai karena memiliki manfaat dan mudah untuk dilakukan. Kamu juga bisa untuk mencoba merawat tanaman di rumah, lho!

Merawat tanaman dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi stres, dan membantu agar tetap fokus. Merawat tanaman di rumah juga dapat menjadikan pekarangan rumah lebih asri, mengurangi polusi dan menyegarkan udara.

Sebelum merawat tanaman, kamu harus mengenali tanaman kamu terlebih dahulu. Kamu bisa mencari tahu tentang tanaman mulai dari jenis, karakteristik, dan kebutuhan nutrisinya.

Merawat tanaman di rumah cukup mudah. Berikut tips merawat tanaman di rumah.

1. Siram Tanaman Setiap Hari

Semua makhluk hidup membutuhkan air, termasuk juga tanaman. Air berguna sebagai makanan bagi tumbuhan. Jika tidak diberi air, tanaman akan layu dan kemudian mati. Air juga dapat membantu proses fotosintesis tanaman.

Intensitas air yang dibutuhkan tanaman berbeda-beda. Dalam menyiram tanaman, beri air secukupnya, jangan terlalu banyak dan juga terlalu sedikit. Pastikan tanah selalu lembab. Jika tanah sudah kering, tanaman boleh disiram lagi. Disarankan untuk menyiram tanaman pada pagi dan sore hari.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Berikutnya

FOTO: Pemanfaatan Lahan Bantaran Kali Ciliwung untuk Bertani
Perbesar
Petani merawat tanaman di bantaran Kali Ciliwung, Petamburan, Jakarta Pusat, Senin (24/5/2021). Kelompok Mandiri Indah Tani sudah enam tahun memanfaatkan lahan bantaran Kali Ciliwung untuk bertani bersama. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

2. Jangan Lupa Memberi Pupuk

Pemberian pupuk sangat penting dalam merawat tanaman. Pupuk berguna untuk menyuburkan tanah dan mempercepat pertumbuhan tanaman.

Terdapat berbagai macam pupuk yang bisa digunakan seperti pupuk kandang, pupuk kompos, pupuk NPK, dan masih banyak lagi. Pilih pupuk yang sesuai dengan kebutuhan tanaman kamu.

Pemberian pupuk jangan dilakukan setiap hari. Jika menggunakan pupuk cair, pemberian pupuk cukup 1 minggu sekali. Namun, jika menggunakan pupuk tabur pemberian pupuk bisa dilakukan selama 2 minggu sekali.

Disarankan memberi pupuk di pagi hari. Jangan memberikan pupuk saat siang hari karena udara yang panas dapat membuat tanaman stres sehingga pupuk tidak akan terserap dengan baik.

3. Berikan Pencahayaan yang Cukup

Sinar matahari juga berguna bagi perawatan tanaman. Sinar matahari membantu tanaman dalam pertumbuhan dan menjaga temperatur tanaman.

Pastikan seluruh tanaman terkena sinar matahari dengan baik. Tempat yang terbaik untuk meletakkan tanaman yaitu di luar ruangan. 


Selanjutnya

FOTO: Mengolah Tanaman Duri Jadi Bisnis yang Menguntungkan
Perbesar
Pembudidaya tanaman hias merawat kaktus di Rumah Kaktus, Kota Tangerang, Banten, Jumat (2/4/2021). Tanaman hias di tempat ini dikirim hingga ke luar negeri untuk kebutuhan cendera mata dan hiasan rumah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

4. Lakukan Pemangkasan Tanaman

Pemangkasan tanaman dapat dilakukan pada bagian tanaman yang layu, rusak, ataupun mati. Bagian tanaman tersebut harus segera dipotong. Jika tidak dipotong pembusukan pada tanaman akan merambat ke bagian lain yang menyebabkan seluruh tanaman mati.

Memotong bagian tanaman yang mati dapat mempertahankan pertumbuhan tanaman. Bagian tanaman yang dipotong tersebut nantinya akan tumbuh kembali.

5. Gunakan Cairan Pembasmi Hama

Hama seringkali menghinggapi tanaman yang ada. Hama tersebut akan merusak tanaman sehingga tanaman akan mati. Jika tanaman terkena hama, pastikan tanaman mendapatkan cairan pembasmi hama. 

Perhatikan cara dalam menggunakan cairan pembasmi hama. Disarankan untuk menyemprotkan cairan ini pada pagi hari. Cairan ini dapat disemprotkan pada saat tanah kering. Jangan menyemprotkan cairan ini saat hari mau hujan karena air hujan akan menghilangkan cairan pembasmi hama ini. Pastikan cairan pembasmi hama tidak terkena tanaman yang sehat.

Itu dia lima hal yang bisa kamu lakukan untuk merawat tanaman di rumah. Dengan merawat tanaman di rumah, tanaman yang akan menghiasi pekarangan rumah kamu dapat tumbuh dengan cepat.

 

Penulis: Najwa Rahmadani

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya