Menakjubkan, Panorama 7 Gunung dari Embung Bansari Magelang

Oleh Switzy Sabandar pada 08 Agu 2022, 05:00 WIB
Diperbarui 08 Agu 2022, 05:00 WIB
Ilustrasi – Gunung Sindoro-Sumbing, September 2018. (Foto: Liputan6.com/BNPB/Muhamad Ridlo)
Perbesar
Ilustrasi –Gunung Sindoro-Sumbing, September 2018. (Foto: Liputan6.com/BNPB/Muhamad Ridlo)

Liputan6.com, Yogyakarta - Kawasan kaki Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing memiliki beragam wisata menarik, salah satunya di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Magelang. Dibangun di ketinggian 1400 Mdpl atau persis berada di lereng Gunung Sindoro, tempat wisata ini bernama Embung Bansari.

Jika membutuhkan penyegaran mata, Embung Bansari adalah pilihan yang tepat. Suasana sejuk pedesaan dengan hamparan perkebunan langsung menyambut ketika memasuki Desa Bansari.

Salah satu fungsi bangunan embung ini adalah untuk pengairan lahan pertanian. Sepanjang jalan menuju Embung Bansari, akan disuguhkan pemandangan berupa lahan pertanian yang saat ini ditanami tembakau.

Saat cuaca cerah, dari ketinggian, pengunjung dapat melihat panorama Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Ungaran, Gunung Andong, dan Gunung Telomoyo sekaligus.

Untuk dapat menikmati keindahan di Embung Bansari, hanya dikenakan biaya tiket masuk Rp5.000 per orang. Pengunjung juga bisa bermalam dengan mendirikan tenda.

Berdiri sejak 2019 dan berubah menjadi tujuan wisata pada 2021, tempat ini langsung menjadi primadona. Suasana sejuk khas pedesaan lereng gunung, sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menyegarkan pikiran dari rutinitas.

Sebelum memutuskan berkunjung ke tempat ini, pastikan kendaraan dalam kondisi prima karena area parkir wisata ini berada di atas, persis di samping embung. Keuntungannya, wisatawan tidak perlu berjalan mendaki untuk sampai ke tujuan.

Melalui ketinggian itu juga, kamu bisa menikmati sunrise dan sunset sekaligus. Tempat wisata ini juga memiliki beberapa fasilitas umum, di antaranya area parkir yang luas, toilet, bangku untuk bersantai, musala, hingga kedai makanan dan minuman.

(Resla Aknaita Chak)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya