Kala Bonge Cs Dampingi Ridwan Kamil Resmikan Situ Rawa Kalong Depok

Oleh Huyogo Simbolon pada 05 Agu 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 05 Agu 2022, 19:00 WIB
Bonge-Ridwan Kamil
Perbesar
Bonge mendampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ketika peresmian Situ Rawa Kalong Depok, Jumat (5/8/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar)

Liputan6.com, Depok - Week Eka Satria alias Bonge, model viral Citayam Fashion Week turut menghadiri peresmian Situ Rawa Kalong, Kota Depok, Jumat (5/8/2022). Ia pun mendampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ketika berjalan di atas floating bridge (jembatan terapung) Situ Rawa Kalong hingga ke pusat atau alun-alun jembatan terapung berwarna biru sambil diiringi musik yang tengah hit.

Dengan gaya khasnya mengenakan blazer dan topi, Bonge berjalan sambil melambaikan tangan kepada warga yang menyaksikan peresmian tuntasnya revitalisasi situ senilai Rp20 miliar tersebut. Ridwan Kamil pun terlihat tak kalah gaya dengan pembawaan model viral tersebut.

Pria yang akrab disapa Emil tampil elegan berjalan dengan gaya kasual kemeja putih yang dibalut rompi dan topi laken putihnya.

Iring-iringan keduanya diikuti oleh model Citayam Fashion Week lainnya dan juga jajaran pejabat Wali Kota Depok M Idris, perwakilan dari Kementerian PUPR dan juga Kepala Dinas Sumber Daya Air Jabar Dikky Achmad Sidik.

Hadirnya Bonge pada peresmian Situ Rawa Kalong tak dipungkiri menjadi daya tarik kemeriahan peresmian situ. Emil pun menyebut hadirnya Bonge, pemuda 17 tahun tersebut memastikan pihaknya tidak pilih-pilih sosok yang diajak turut menyukseskan program pemerintah.

"Siapa pun bisa kita ajak asal berikan pesan-pesan positif. Kalau Bonge hari ini viral karena ekpresinya. Kalau (Bonge dinilai) kurang, kita arahkan ke yang baik, kalau sudah baik, ya, disempurnakan," ujar eks Wali Kota Bandung itu. 

Emil pun meneruskan pesan-pesan Bonge yang meminta warga turut menjaga kebersihan Situ Rawa Kalong. Selain itu menjaga ketertiban, membuang sampah pada tempatnya dan menerapkan protokol kesehatan.

"Tuh kan (pesan-pesannya) bagus. Kami tidak pilih-pilih (siapa yang harus dilibatkan) karena Bonge sekarang lagi didengar, jadi Bonge dipilih," ujarnya. 

Sementara itu, Bonge mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah membuat Situ Rawa Kalong menjadi lebih indah dan nyaman untuk dikunjungi warga. Tak hanya itu, Bonge pun mengapresiasi kehadiran gubernur yang meresmikan langsung Situ Rawa Kalong.

"Terima kasih Pak Gubernur sudah hadir di Kota Depok, terima kasih juga Pak Wali dan semuanya," ucapnya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Revitalisasi Senilai Rp20 Miliar

Bonge-Ridwan Kamil
Perbesar
Bonge Cs mendampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ketika peresmian Situ Rawa Kalong Depok, Jumat (5/8/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar)

Direvitalisasi sejak 2020 dengan anggaran Rp20 miliar selama tiga tahun, Pemprov Jabar merancang Situ Rawa Kalong tak hanya sebagai ruang publik, tapi juga untuk destinasi wisata, sehingga meningkatkan perekonomian warga Depok. 

"Total anggarannya Rp20 miliar, uang rakyat harus kembali ke rakyat," sebut Emil. 

Kini, situ seluas 8,25 hektare itu memiliki sarana publik yang aman, nyaman, dan menyenangkan. Fungsi lingkungan situ tetap terjaga dengan baik. Revitalisasi Situ Rawa Kalong merupakan komitmen Pemprov Jabar menghadirkan ruang publik berkualitas bagi warga. 

"Kita berupaya memberikan ruang publik yang berkualitas bagi warga Depok, salah satunya yang kita hadirkan hari ini," kata Emil. 

Sebelum direvitalisasi, Situ Rawa Kalong awalnya hanya berfungsi sebagai irigasi sawah dan tempat memancing warga. Perubahan fungsi di sekitar kawasan juga menyebabkan situ ini sempat kehilangan daya tariknya. 

Kini Rawa Kalong menjadi tempat favorit warga Depok karena memiliki gedung aula, floating deck, vertical garden, taman lansia, pedestrian, area UMKM, dan fasilitas lainnya. 

"Dulu susah diakses sekarang mudah. Ada Alun-alun kecil yang mengapung di atas air sangat instagramable dan bikin bahagia warga Depok," ujar Emil.


Ada Catwalk Terapung

Emil mengungkapkan, yang paling istimewa dari Situ Rawa Kalong pasca revitalisasi, yakni adanya catwalk terapung dan alun-alun kecil di tengah danau. 

Warga bisa memanfaatkan inovasi yang belum banyak di Indonesia tersebut untuk melakukan ekspresi busana atau fashion show.

"Inovasi yang utamanya ada panggung yang mengapung di air, itu belum banyak di Indonesia," ujarnya. 

Syaratnya, lanjut Emil, warga tetap menjaga ketertiban dan kebersihan, serta mengikuti aturan dari Pemerintah Kota Depok. 

"Warga dipersilakan melakukan ekspresi apa pun, yang penting jaga ketertiban dan kebersihan. Mau ada lomba lukis, pameran rajut, ekspresi busana atau apa pun silakan selama baik dan sesuai aturan di Kota Depok," tuturnya. 

Emil memastikan, fasilitas Situ Rawa Kalong akan terus dilengkapi seperti penambahan bangku dan kamera pengawas di sejumlah titik. 

"Anggaran kan kena Covid-19, jadi nanti yang kurang-kurang seperti bangku, CCTV akan ditambah sampai akhirnya lengkap," ujarnya. 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya