Menkominfo Ingin Buat Search Engine Lokal Gatotkaca, Mungkinkan Terwujud?

Oleh Huyogo Simbolon pada 06 Agu 2022, 00:00 WIB
Diperbarui 06 Agu 2022, 00:00 WIB
Menkominfo
Perbesar
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate. (Foto: Kemenkominfo)

Liputan6.com, Bandung - Beberapa hari lalu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate datang ke acara podcast #CloseTheDoor di kanal Youtube milik Deddy Corbuzier. Dalam acara siniar itu, Corbuzier mewawancarai Johnny mengenai isu yang ramai dibahas yaitu pemblokiran beberapa platform yang tidak mengisi registrasi Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Salah satu kejadian yang menghebohkan dari pemblokiran ini ketika Menteri Kominfo memblokir layanan distributor game seperti Epic Games, Steam dan Origin. Dampak dari pemblokiran itu memunculkan demo di depan Gedung Kominfo.

Pada saat siaran berlangsung Deddy Corbuzier pun melayangkan pertanyaan apakah Indonesia dapat membuat sendiri aplikasi-aplikasi sosial media seperti Instagram atau TikTok.

Dari pertanyaan tersebut Menkominfo Johnny G. Plate pun menyebutkan bahwa seharusnya bisa dan tidak hanya aplikasi namun juga membuat aplikasi.

"Harusnya bisa. Saya bukan saja aplikasi Instagram ya, tapi search engine pun harus bisa kita buat," ucap Johnny.

Setelah menyebutkan hal tersebut, Johnny pun mengungkapkan bahwa ketika menjadi menteri pertama, ia akan memanggil tim untuk membuat search engine dengan bernama 'Gatotkaca' misalnya.

Namun ketika ia menjelaskan ingin membuat search engine tersebut terkendala oleh kemunculan dari pandemi Covid-19.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Apa Itu Search Engine?

Mungkin banyak yang masih asing dengan kata search engine. Search engine sendiri adalah mesin pencarian dalam bahasa Indonesia, yaitu program berbasis web yang diperuntukkan mencari informasi di dalam world wide web (www).

Melalui search engine tersebut kita dapat mencari informasi berdasarkan dari kata kunci yang pengguna masukkan. Contoh dari search engine ini misalnya seperti yang biasa kita gunakan seperti Google, Bing, atau Yahoo!

Mungkinkah search engine gatotkaca buatan Indonesia akan terwujud seperti keinginan Menteri Kominfo? Layak ditunggu.

(Natasa K)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya