Sukses

Petaka Kebocoran Tabung Gas Sebabkan Kebakaran di Medan Belawan, 4 Orang Tewas

Si Jago Merah mengamuk di Jalan Cilacap Barat, Kelurahan Belawan II, Kecamatan Medan Belawan, Kamis (4/8/2022) sekitar pukul 04.10 WIB. Akibatnya 5 unit rumah warga terbakar dan 4 orang tewas.

Liputan6.com, Medan Si Jago Merah mengamuk di Jalan Cilacap Barat, Kelurahan Belawan II, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Kamis (4/8/2022) sekitar pukul 04.10 WIB. Akibatnya 5 unit rumah warga terbakar dan 4 orang tewas.

Informasi diperoleh Liputan6.com, kebakaran diduga disebabkan karena adanya kebocoran tabung gas. Sebelum kebakaran terjadi, salah satu korban sempat melakukan aktivitas masak di dapur rumahnya.

"Dugaan (kebakaran) karena kebocoran gas. Itu informasi anggota di lapangan," kata Kepala Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran Kota Medan, Albon Sidauruk.

Diterangkan Albon, 5 unit rumah yang terbakar kondisinya sangat memprihatinkan. Sedangkan 4 orang yang tewas akibat kebakaran berstatus masih satu keluarga.

Korban tewas yakni Hamidah (75), Yafizam (50), Winda (46) dan M Zulham (15). Korban luka-luka, Lisa (50) dan Mutiara (20).

"Korban meninggal dunia dalam satu rumah, dan masih satu keluarga," terangnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Bisa Selamatkan Diri

Diterangkan Albon, korban tewas dalam peristiwa kebakaran di Medan Belawan tersebut merupakan pasangan suami-istri, ibu mertua, dan seorang anak. 2 anggota keluarga lainnya berhasil menyelamatkan diri keluar dari jendela rumah.

"Keterangan tetangga, korban tidak bisa menyelamatkan diri karena pintunya terkunci, dan kuncinya tidak menempel di pintu rumah. Mereka panik mencari kunci," terangnya.

3 dari 4 halaman

Kerahkan 8 Armada

Saat terjadi kebakaran, 8 unit armada dari Pemadam Kebakaran (Damkar) dibantu 1 unit mobil pemadam api milik TNI Angkatan Laut (AL) di Lantamal I Belawan membantu memadankan api.

"Karena api cepat merambat, lima rumah terbakar kondisinya berdempetan. Api berhasil dipadamkan satu jam kemudian," sebut Albon.

4 dari 4 halaman

Diselidiki Polisi

Diungkapkan Albon, saat ini kasus kebakaran sedang dilakukan penyelidikan oleh petugas kepolisian dari Polres Pelabuhan Belawan dan Polsek Medan Belawan.

"Tujuannya untuk mengetahui persis penyebab kebakaran," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.