Sukses

Tips Hindari Gaya hidup Konsumtif Bagi Kaum Milenial

Pentingnya menerapkan manajerial keuangan dengan sikap yang konsisten dari individu itu sendiri agar bisa mencapai mimpi kedepan

Liputan6.com, Jakarta - Gaya hidup konsumtif kerap menjadi tantangan besar dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku konsumtif cenderung mengutamakan keinginan dibandingkan kebutuhan.

Gaya hidup konsumtif juga kerap terjadi pada kaum milenial. Kendati demikian, gaya hidup konsumtif dianggap sebagai perilaku yang tidak baik jika dilakukan terus menerus.

Lalu bagaimana cara menghindari hal tersebut? Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari gaya hidup konsumtif:

Membuat List Sesuai Kebutuhan

Dengan membuat list yang sesuai dengan kebutuhan terlebih dahulu dapat menentukan barang apa yang benar-benar kamu butuhkan. Utamakan untuk mengeluarkan uang untuk hal yang menjadi prioritas.

Kebiasaan membuat daftar kebutuhan ini nantinya yang akan membantu kamu mengurangi perilaku konsumtif. Jika ada penawaran barang-barang baru dan sebagainya, jangan telalu cepat memutuskan untuk membelinya.

Pencatatan Keuangan

Membiasakan diri untuk melakukan pencatatan keuangan juga dapat membatu menghindari gaya hidup yang konsumtif.Dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan kita dapet mengetahui digunakan untuk apa saja uang yang kita punya itu, dengan mencatat keuangan juga kita bisa memperhitungkan sudah seberapa banyak uang yang kita keluarkan.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menabung

Salah satu cara yang paling tepat untuk menghindari gaya hidup konsumtif yaitu dengan menabung. Terlihat mudah, namun sebenarnya kebiasaan menabung cukup sulit untuk diterapkan secara rutin.

Hindari Berhutang

Dengan teknologi yang semakin berkembang, banyak penawaran yang ditawarkan oleh beberapa platform online shop. Seperti pay later, atau metode pembayaran digital yang seperti itu apabila terus digunakan maka secara tidak langsung akan menjadi kebiasaan dan pada akhirnya kalian akan menjadi pribadi yang konsumtif.

Maka dari itu hal tersebut perlu dihindari untuk kalian kaum milenial, jika tidak ingin menjadi pribadi yang konsumtif.

Penulis: Eris Hopipah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.