Sukses

Fakta Menarik Asal Usul Huruf 'K' Menjadi Singkatan untuk Ribu

Pola tersebut terlihat semakin banyak digunakan untuk memudahkan orang memamahi tanpa mengubah nilai mata uang

Liputan6.com, Jakarta - Gencarnya era digitalisasi membawa perubahan dari berbagai sektor. Termasuk penempatan huruf pada nilai mata uang.

Seperti huruf 'K' yang merupakan akronim dari harga dalam sebutan ribu atau ribuan. Pola tersebut terlihat semakin banyak digunakan untuk memudahkan orang memahami tanpa mengubah nilai mata uang.

Namun demikian, tak banyak orang terpikirkan huruf 'K' menjadi singkatan ribu. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut fakta huruf 'K' menjadi singkatan ribu yang kini banyak digunakan dalam dunia usaha. 

Dikutip dari laman Merriam-Webster, satuan "K" merupakan kepanjangan dari kilo. Sementara kata kilo ini berasal dari Bahasa Yunani yang artinya itu ribuan.

Penggunaan huruf "K" sebagai singkatan dari ribu sudah di gunakan sejak pertengahan tahun 1940-an, lho. Wah ternyata penggunaan huruf 'K' ini sudah terbilang lama.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Online Shop

Dengan penggunaan huruf "K" sebagai singkatan ribu juga dapat menghemat ruang untuk desain suatu online shop. Misalnya, harga produk tersebut Rp20.000,00; bisa disingkat menjadi 20k. 

Selain sering digunakan untuk promosi online shop, penggunaan huruf "K" juga bisa kalian temukan pada beberapa buku menu di suatu restoran.

Nah, semoga dengan fakta baru ini kalian bisa tidur nyenyak ya, gaess....

 

Penulis: Eris Hopipah 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.