Sukses

Simak Arti, Tafsir, dan Keutamaan Surah Yusuf Ayat 4

Surah Yusuf merupakan salah satu surah yang ada di Al-Quran.

Liputan6.com, Bandung - Surah Yusuf merupakan salah satu surah yang ada di Al-Qur'an. Surah Yusuf berjumlah 111 ayat dan termasuk ke dalam surah Makiyyah. Surah Yusuf banyak menceritakan tentang kisah Nabi Yusuf semasa kecil hingga dewasa.

Nabi Yusuf adalah nabi ke-11 setelah ayahnya yaitu Nabi Yaqub. Ayahnya memiliki 2 istri yang bernama Lea dan Rahel. Ibu Nabi Yusuf yang bernama Rahel meninggal saat Nabi Yusuf kecil. Nabi Yusuf memiliki 1 saudara kandung dan 10 saudara tiri.

Surah Yusuf Ayat 4 beserta arti:

اِذْ قَالَ يُوْسُفُ لِاَبِيْهِ يٰٓاَبَتِ اِنِّيْ رَاَيْتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَاَيْتُهُمْ لِيْ سٰجِدِيْنَ

Artinya: "(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, “Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku." 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tafsir

Menurut tafsir Kementerian Agama RI, Surat Yusuf ayat 4 berisi tentang Nabi Yusuf yang bercerita kepada sang ayah bahwa ia telah bermimpi sebelas bintang, matahari, dan bulan bersujud kepadanya.

Nabi Yaqub berharap bahwa ada dari keturunannya yang melanjutkan risalah Allah. Setelah mendengar mimpi itu, Nabi Yaqub meyakini bahwa Nabi Yusuf yang akan menjadi penerusnya, terlebih Nabi Yusuf juga memiliki akhlak yang bagus. Nabi Yaqub meminta Nabi Yusuf untuk tidak menceritakan mimpinya kepada saudaranya yang lain karena takut ada perbuatan keji akibat rasa kecemburuan terhadap Nabi Yusuf.

Setelah beberapa tahun kemudian, Nabi Yusuf diangkat menjadi perdana menteri oleh Raja Mesir bernama Ar Rayyan Ibnul Wadil. Kemudian, Nabi Yusuf meminta kedua orang tuanya untuk duduk di singgasana. Kedua orangtua dan 11 saudara Nabi Yusuf bersujud kepadanya. Hal itu menjawab pertanyaan tentang mimpi Nabi Yusuf saat kecil yang ada di dalam surah Yusuf ayat 4. Sebelas saudara Nabi Yusuf diibaratkan dengan 11 bintang, Nabi Yaqub sebagai matahari, dan ibundanya sebagai bulan.

3 dari 3 halaman

Keutamaan

Berdasarkan tafsir tersebut, banyak masyarakat yang mengamalkan doa dengan ayat ini karena Surah Yusuf ayat 4 ini memiliki banyak keutamaan di antaranya sebagai pendahuluan terhadap apa yang akan terjadi dan melembutkan hati para saudara Nabi Yusuf. Surah Yusuf ayat 4 dapat dijadikan amalan-amalan untuk berdoa. Keutamaan berdoa dengan surah Yusuf ayat 4 di antaranya:

1. Melembutkan hati seseorang

Jika ingin memohon kepada Allah untuk melembutkan hati seseorang dapat mengamalkan doa dengan membaca ayat ini. Surah Yusuf ayat 4 diyakini dapat meluluhkan hati seseorang. Seperti yang tertera pada ayat ini bahwa saudara-saudara Nabi Yusuf yang iri hati, akhirnya bersujud kepadanya. 

2. Keturunan yang indah

Nabi Yusuf dikenal sebagai Nabi yang memiliki paras yang tampan. Banyak yang meyakini jika rutin membaca ayat ataupun Surah Yusuf ini dapat memiliki keturunan yang cantik atau tampan.

Dikisahkan dalam surah yusuf ayat 30 bahwa ada perempuan-perempuan yang sedang memegang pisau untuk memotong jamuan. Ketika melihat paras Nabi Yusuf yang tampan, perempuan-perempuan itu tepana dan tanpa sadar melukai tangannya sendiri. 

3. Mendapatkan Jodoh 

Membaca ayat dan surah ini juga diyakini sebagai salah satu usaha untuk mendapatkan jodoh. Surah ini bercerita tentang Nabi Yusuf yang terkenal dengan ketampanannya sehingga bagi yang membaca surah ini akan memancarkan aura seperti Nabi Yusuf. Aura tersebut dapat memikat lawan jenis sehingga bisa mendapatkan jodoh.

Surah Yusuf ayat 4 boleh diamalkan sebagai doa untuk meminta 3 hal di atas. Dengan meyakini bahwa Allah dapat mendengar dan mengabulkan doa-doa yang telah dipanjatkan hamba-Nya.

 

Penulis: Najwa Rahmadina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.