Pagi yang Eksotis di Wisata Karang Indah Bonebol, Surganya Para Penyelam

Oleh Arfandi Ibrahim pada 05 Agu 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 05 Agu 2022, 06:00 WIB
Wisata karang Indah Oluhuta
Perbesar
Lokasi wisata karang indah, Desa Oluhuta, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bonebol dari ketinggian (Foto:Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Jika kalian berkunjung ke Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, jangan lupa mampir ke destinasi wisata yang satu ini. Namanya Wisata Karang Indah.

Destinasi wisata ini berada di Desa Oluhuta, Kecamatan Kabila Bone, dan masih tergolong baru. Desa ini terletak di Pesisir laut Teluk Tomini yang terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah.

Selain hasil laut yang melimpah, Teluk Tomini juga menawarkan sejumlah destinasi wisata bahari yang menawan. Wisata Karang Indah salah satunya, yang kini menjadi primadona para pelancong.

Seperti namanya, Wisata Karang Indah menawarkan keindahan alam yang begitu luar biasa. Karang yang diperkirakan berumur ratusan tahun berjajar rapi di pesisir laut Desa Oluhuta.

Rimbunan pepohonan bakau yang ada di lokasi, menjadikan wisata karang indah terasa sejuk meski saat siang hari. Angin sepoi yang berhembus dari laut menambah kesan eksotis saat berada di lokasi ini.

Keindahan bawah laut karang indah juga tidak kalah menarik untuk dijelajahi. Terumbu karang yang masih terbilang asri, sangat cocok untuk bagi mereka penyuka snorkeling maupun diving.

Selain terumbu karang yang indah, di kedalaman satu meter, pengunjung bisa menemui berbagai jenis ikan yang lucu dan unik, salah satunya ikan badut atau dikenal dengan ikan nemo atau yang bernma latin Amphiprioninae.

"Air laut di tempat ini begitu tenang membuat kami tidak perlu takut saat melakukan snorkeling atau diving. Pokonya yang seperti ini adalah surga bagi penyelam," kata Fadli Rahman kepada Liputan6.com, saat berada di lokasi Wisata Karang Indah.

Menurutnya, jika wisata ini tidak hanya menawarkan keindahan bawah laut, namun dengan adanya karang yang diperkirakan sudah berumur ratusan tahun, bisa kita jelajahi sebagai edukasi.

"Cocok sekali tempat ini bagi mereka mahasiswa, apalagi yang jurusan geologi. Di sini terdapat bebatuan dan karang purba yang sangat cocok untuk diteliti," katanya.

"Lokasi wisata tidak begitu panas, banyak pepohonan bakau yang tumbuh di lokasi utama wisata," katanya lagi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Masih Berbenah

Kepala Desa Oluhuta
Perbesar
Kepala Desa Oluhuta, Ronal Sahrain saat berada di lokasi Edu-geowisata (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Kepala Desa Oluhuta Ronal Sahrain mengatakan, saat ini Wisata Karang Indah mulai diminati oleh kaum muda-mudi. Mereka tidak hanya sekadar datang bersantai, namun ada juga yang bermalam di lokasi.

"Semenjak dibuka, alhamdulillah destinasi ini mulai banyak dikunjungi para wisatawan. Bahkan mereka sambil bawa tenda kemping," kata Ronal.

Meski begitu, dengan upaya yang ada, pemerintah desa yang dibantu oleh pemuda desa, terus mengembangkan wisata itu. Bermodalkan biaya yang didapatkan dari pengunjung, mereka terus melengkapi fasilitas yang dibutuhkan pengunjung.

Saat ini, setiap pengunjung yang datang dikenakan tarif Rp10 ribu per orang. Dari tarif itulah semua digunakan untuk pengembangan lokasi wisata.

"Dengan begitu, pemuda desa terberdayakan dengan adanya potensi ini, walaupun belum ada bantuan dari pemerintah daerah, kami terus berbenah dengan konsep gotong-royong," katanya.

"Mudah-mudahan ini akan terus berkelanjutan. Jika banyak pengunjung yang datang, maka bisa dipastikan perputaran ekonomi warga desa juga meningkat dan desa juga keciprat pendapatan asli desa," katanya lagi.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya