Sukses

96 Wali Kota se-Indonesia Bakal Berkumpul di Padang, Ada Apa?

Untuk apa para wali kota di Indonesia berkumpul di Padang?

Liputan6.com, Padang - Sebanyak 96 wali kota se-Indonesia direncanakan akan hadir di Kota Padang pada 7-10 Agustus 2022. Kedatangan puluhan kepala daerah itu dalam rangka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) VX.

Ketua Harian Rakernas Apeksi Pemko Padang, Edy Hasymi menyebut dari 98 kota di seluruh Indonesia, dipastikan 96 kota akan mengirim delegasi pada Rakernas Apeksi nanti.

"Rakernas Apeksi tahun ini digelar di Kota Padang," katanya, Rabu (3/8/2022).

Selain itu, sejumlah menteri juga akan menghadiri kegiatan ini, di antaranya Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri BUMN Erick Tohir.

"Panitia pusat juga masih mengusahakan agar Rakernas Apeksi ini dibuka oleh Presiden Jokowi," ujarnya.

Pada Rakernas Apeksi ini, juga bakal digelar pawai budaya yang digelar 9 Agustus 2022 di Pantai Cimpago Purus. Namun belum semua kota yang menyatakan ikut dalam pawai budaya ini.

"Hingga kini yang mengkonfirmasi ikut pawai budaya sekitar 57 delegasi," jelasnya.

Pawai budaya tersebut, lanjutnya, akan menampilkan corak budaya dari setiap daerah masing-masing. Kemudian untuk mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 dan mencegah antrean yang panjang masing delegasi kota hanya batasi sebanyak 30 orang.

Ia berharap Rakernas APEKSI ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Padang khususnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.