Sukses

4 Cara Ketahui Warna Dasar Kulit Agar Tak Salah Pilih Foundation

Untuk dapat mengetahui warna dasar kulit atau undertone, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut:

Liputan6.com, Yogyakarta - Dalam memilih warna foundation, penting untuk menyesuaikannya dengan undertone kulit kamu. Jika kurang tepat, maka foundation pada wajah akan tampak keabuan.

Undertone adalah warna dasar kulit yang didapatkan dari gen atau keturunan. Terdapat tiga jenis undertone, yaitu warm, cool, dan neutral.

Warm undertone dimiliki oleh orang-orang dengan warna kulit dengan rona kuning, peach, atau keemasan. Sedangkan cool undertone memiliki rona pink, merah, atau kebiruan.

Neutral undertone merupakan perpaduan dari kedua undertone tersebut. Orang dengan neutral undertone cenderung lebih mudah menentukan warna foundation atau lipstik karena cocok menggunakan warna apa pun.

Untuk dapat mengetahui warna undertone, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut:

1. Dengan melihat warna nadi di pergelangan tangan

Cara pertama merupakan cara yang umum dipakai dalam melihat undertone asli kulit. Caranya, posisikan pergelangan tangan menghadap sinar matahari.

Jika pembuluh darah terlihat kehijauan, artinya kamu memiliki warm undertone. Kemudian, jika pembuluh darah terlihat biru keunguan, maka kamu memiliki cool undertone.

Sedangkan, jika yang terlihat adalah perpaduan antara hijau dan biru keunguan, maka kamu memiliki neutral undertone.

2. Dengan mengecek warna kulit di belakang telinga

Cara selanjutnya adalah dengan mengecek kulit belakang telinga. Caranya dengan melihat warna kulit yang ada di belakang telinga saat berada di ruangan dengan penerangan yang baik.

Jika bernuansa kekuningan, berarti kamu termasuk kategori warm undertone, sedangkan jika berwarna pink atau kemerahan berarti masuk dalam kategori cool undertone. Kemudian, jika terlalu sulit disimpulkan warna apa yang terlihat, maka kamu termasuk kategori neutral undertone.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan Emas atau Perak

3. Gunakan Emas atau Perak

Menggunakan emas atau perak juga bisa membantumu mengetahui skin tone pada wajah. Caranya mudah, siapkan kertas, alumunium foil, atau aksesoris berwarna emas dan perak.

Dekatkan benda-benda tersebut ke wajah secara bergantian. Warna yang tepat akan membuat wajah terlihat lebih sehat, sedangkan warna yang tidak tepat akan membuat kulit terlihat pucat.

Kulit yang cocok dengan warna emas menandakan memiliki warm undertone. Sedangkan, jika terlihat lebih cocok dengan warna perak, maka kamu memiliki cool undertone.

4. Dengan menggunakan lampu

Cobalah berdiri di bawah lampu yang berwarna kuning atau putih. Jika kulit terlihat lebih cocok berada di bawah lampu kuning, berarti kamu memiliki tone kulit hangat.

Sebaliknya, jika kulit terlihat lebih cocok di bawah cahaya lampu putih, artinya kamu memiliki tone kulit dingin.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.