Sukses

Pencanangan Gernas BBI di Sulbar, Perlu Kolaborasi untuk Kampanyekan Produk Lokal

Pemprov Sulbar melakukan Pencanangan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI)

Liputan6.com, Mamuju - Pemprov Sulawesi Barat melakukan Pencanangan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI). Pencanangan itu menjadi awal bangkitnya pelaku usaha di provinsi ke-33. 

Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik menjelaskan, saat ini Indonesia menghadapi ancaman krisis. Berkaca pada kejadian 1998 lalu, UMKM merupakan penopang utama untuk membangkitkan Indonesia dari kondisi krisis ekonomi. 

"Kita meminta semua pelaku usaha melakukan konsolidasi. Benahi usahanya, benahi manajemen, benahi promosinya agar dapat bersaing di tingkat nasional," ujar Akmal Jumat di Mamuju, (29/07/22).

Akmal menyatakan komitmen akan membantu pelaku usaha, karenanya kedepan akan mengarahkan belanja daerah untuk pengembangan UMKM di Sulawesi Barat. Hal yang penting adalah membaca kebutuhan pasar, serta memetakan kebutuhan masyarakat.

"Kita harus memetakan produk UMKM kita untuk diarahkan sesuai kebutuhan masyarakat," ujar Akmal.

Pencanangan Gernas BBI di Sulawesi Barat dihadiri Dirjen Pendidikan Vokasi Mendikbudristek. Dia berharap kehadirannya itu menjadi penyemangat, khususnya pelaku usaha di Sulawesi Barat dalam amembangkitkan kampanye bangga buatan Indonesia. 

"Ini wadah meningkatkan kecintaan terhadap buatan Indonesian. Diharapkan masyarakat semakin mencintai produk lokal, khususnya buatan UMKM kita sendiri," tutur Akmal.

Sedangkan, Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Kiki Yuliati mengapresiasi atas terselenggaranya Gernas BBI di Sulawesi Barat. Sebagai Manager Gernas BBI di Sulawesi Barat, Kemendikbudristek Barat berharap pendidikan vokasi bisa berhubungan dengan dunia usaha dan dunia industri.  

"Cinta produk buatan Indonesia ditanamkan kepada anak anak sejak diusia dini. Dengan melibatkan satuan pendidikan dapat mendorong anak anak banggga buatan Indonesia. Apabila anak-anak kita mencintai buatan Indonesia mereka akan mengajak orang tua mereka mencintai buatan Indonesia," tutup Kiki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini