Sukses

Deretan Buku Parenting yang Jadi Bacaan Wajib Orangtua Masa Kini 

Berikut adalah rekomendasi buku parenting yang wajib dibaca oleh orangtua masa kini

Liputan6.com, Yogyakarta - Parenting adalah berbagai hal yang berkaitan dengan cara mendidik dan mengasuh anak. Pada dasarnya, parenting mempunyai tiga tujuan utama, yakni memastikan kesehatan dan keselamatan anak-anak, mempersiapkan anak untuk tumbuh produktif, dan menurunkan nilai-nilai budaya.

Sebagai orangtua masa kini, ilmu parenting bisa didapatkan dari mana saja. Selain bisa belajar dari pengalaman langsung, ilmu parenting juga bisa didapat dari membaca buku.

Berikut adalah rekomendasi buku parenting yang wajib dibaca oleh orangtua masa kini:

1. Minimalist Parenting

Banyaknya teori parenting yang diperoleh dari orang lain, media sosial, dan aktivitas anak yang harus diikuti terkadang membuat para orang tua pusing sendiri. Haruskah semuanya diikuti supaya kita bisa mendapatkan predikat orang tua yang bisa mengasuh anak dengan cara modern?

Buku parenting ini merangkum gaya parenting dengan pendekatan minimalis. Mulai dari bagaimana cara membuat anak bermain dengan senang tanpa mainan yang berlimpah, cara mengubah persepsi mengenai pendidikan dan berbagai kursus yang membebankan, dan lain sebagainya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Parenting 4.0: Mendidik Anak di Era Digital

2. Parenting 4.0: Mendidik Anak di Era Digital

Seiring dengan berkembangnya zaman, pola asuh anak juga ikut berubah. Pola asuh zaman dulu mungkin saja sudah tidak ideal untuk anak-anak zaman sekarang.

Terlebih untuk generasi Z, yakni anak-anak yang terlahir sekitar 1995 hingga 2010 dan dijuluki sebagai digital native. Mereka sudah terpapar dengan teknologi dan gadget sejak dini.

Parenting 4.0 ini mengulas berbagai hal tentang generasi Z, khususnya mengenai pengasuhan dan juga pendidikan yang ideal untuk mereka. Buku ini juga membahas mengenai peran orang tua dan juga pendidik dalam memaksimalkan potensi anak-anak.

3. Teach Like Finland

Buku dengan judul Teach Like Finland ini berisi 33 metode mengajar yang sangat menyenangkan. Melalui buku ini, pembaca akan mengenal berbagai macam teknik mengajar yang telah diterapkan oleh negara Finlandia. Metode mengajarnya akan menjadikan ruang kelas menjadi lebih hidup dan anak-anak akan senang untuk belajar.

 

3 dari 3 halaman

The Danish Way of Parenting

4. The Danish Way of Parenting

The Danish Way of Parenting ditulis berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Jessica dan Iben. Mereka mengungkap sebuah rahasia parenting orang Denmark yang dijuluki sebagai salah satu negara paling bahagia di dunia oleh PBB.

Layaknya sebuah penelitian, buku ini ditulis berdasarkan pengalaman, berbagai sumber rujukan, dan hasil observasi. Buku ini berisi enam bab, yaitu play, authenticity, reframing, empathy, no ultimatums, dan togetherness & hygge yang disingkat PARENT.

5. The Montessori Toddler

Sesuai judulnya, buku ini akan mengajak para pembaca untuk mengetahui langkah yang tepat mengasuh balita dengan metode montessori. Buku ini diawali dengan memahami balita, mengenal Montessori, sampai mengenal sekolah Montessori sebagai salah satu langkah bersiap masuk prasekolah.

Buku yang berisi sepuluh bab ini juga telah dilengkapi dengan berbagai aktivitas Montessori sesuai dengan perkembangan anak. Selain itu, ada pula tujuh prinsip penting untuk membangun rasa ingin tahu anak serta manfaat keterampilan dasar Montessori untuk masa depan anak.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.