Gibran Potong Tumpeng Wilujengan Jelang Pembukaan ASEAN Para Games

Oleh Fajar Abrori pada 29 Jul 2022, 14:23 WIB
Diperbarui 29 Jul 2022, 14:27 WIB
Ketua INASPOC Gibran Rakabuming Raka Potong Tumpeng
Perbesar
Ketua INASPOC, Gibran Rakabuming Raka sedang memotong tumpeng dalam acara wilujengan atau selamatan jelang upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022, Kamis malam (28/7).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Solo - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali dan Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC), Gibran Rakabuming Raka menggelar wilujengan atau selamatan menjelang pembukaan ASEAN Para Games di Stadion Manahan, Solo, Kamis malam (28/07/2022).

Prosesi selamatan dan doa bersama itu selain dihadiri Menpora dan Ketua INASPOC, juga diikuti para volunteer dan pengisi acara yang terlibat dalam seremoni pembukaan ASEAN Para Games XI 2022 yang akan digelar pada Sabtu malam (30/7/2022) besok. Mereka tampak duduk lesehan di depan panggung kecil yang digunakan untuk prosesi wilujengan.

Selesai pembacaan doa, kemudian Ketua INASPOC yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memotong tumpeng. Potongan pertama nasi tumpeng itu diserahkan kepada Menpora, Zainudin Amali. Sedangkan potongan tumpeng selanjutnya diserahkan kepada Chief de Mission (CdM) kontingean Indonesia ASEAN Para Games, Andi Herman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Harapan Rakyat Indonesia

Dalam sambutannya, Menpora Zainudin Amali mengatakan bahwa volunteer dan pengisi acara yang terlibat dalam prosesi pembukaan ASEAN Para Games merupakan harapan dari seluruh rakyat Indonesia. Pasalnya, kesuksesan penyelenggaraan pesta olahraga yang diikuti para atlet difabel dari negara di kawasan Asia Tenggara merupakan kebanggaan bagi rakyat Indonesia.

“Kalian semua ini adalah harapan dari 277,7 juta jiwa rakyat Indonesia. Kalau itu sukses maka bukan hanya sukses buat kita sebagai penyelenggara atau panitia tapi sukses buat seluruh rakyat Indonesia,” kata dia yang disambut tepuk tangan oleh ratusan volunteer dan pengisi acara yang hadir di Stadion Manahan, Solo, Kamis malam (28/7/2022).

Menurut Zainudin Amali, persiapan untuk penyelenggaraan ASEAN Para Games di Solo hanya dilakukan dalam waktu singkat setelah Vietnam yang seharusnya menjadi tuan rumah angkat tangan. Meskipun dengan waktu persiapan yang mepet tetapi Indonesia mampu menggelar ASEAN Para Games.

“Kita harus tunjukkan walaupaun hanya dalam waktu singkat untuk diberi tugas menjadi penyelenggara dari ASEAN Para Games XI ini tapi kita kita mampu,” harapnya.


Gladi Kotor

Bahkan, Menpora mengaku sering mendapatkan pujian dan apresiasi dari berbagai negara terkait penyelenggaraan kegiatan olahraga yang sukses digelar di Indonesia. Selain itu, para partisipan juga merasa nyaman dan menikmatinya ketika mengikuti kegiatan multi event maupun single event di Indonesia.

"Ini kata mereka perlu saya sampaikan ke teman-teman semua supaya ini menjadi penyemangat. Kalau Indonesia menjadi tuan rumah dan menjadi penyelenggara, mereka sampaikan luar biasa dan mereka sangat menikmati. Jadi itulah Indonesia," harapnya.

Selain menghadiri acara wilujengan, kehadiran Menpora dan Gibran juga untuk memantau langsung jalannya gladi kotor upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya