Memahami Berbagai Aplikasi Digital yang Bisa Digunakan Guru untuk Mengajar

Oleh Fauzan pada 28 Jul 2022, 18:38 WIB
Diperbarui 29 Jul 2022, 07:52 WIB
Aplikasi yang memudahkan guru dalam mengajar
Perbesar
Aplikasi yang memudahkan guru dalam mengajar

Liputan6.com, Makassar - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menggelar program literasi digital nasional, untuk sektor pendidikan wilayan Guru dan Tenaga Kependidikan tingkat SMA cabang Disdik 10, 11 & 12 (Palopo, Enrekang, Toraja & Toraja Utara).

Mengangkat tema “Aplikasi yang Memudahkan Guru Dalam Mengajar.” Kegiatan ini, literasi digital #Makin Cakap Digital ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman

Direktur Pascasarjana Institut Bisnis dan Keuangan Nitro,Rosnaini Daga, menyebutkan dari survei Literasi Digital di Indonesia pada tahun 2021, Indeks atau skor Literasi Digital di Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 1-5. Skor tersebut menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori Sedang.

Selain itu berdasar laporan HootSuite dan We Are Social, pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta jiwa pada awal tahun 2021, atau meningkat 15,5% dibandingkan awal tahun sebelumnya. Itu merupakan 73,7% dari total populasi Indonesia.

Sejak awal pandemi, tahun 2020 telah meningkatkan penggunaan internet dan mempercepat adopsi digital pada kegiatan sehari-hari. Kegiatan seperti belajar mengajar di rumah, bekerja dari rumah, berbelanja hingga pemeriksaan kesehatan dilakukan menggunakan aplikasi digital.

Ia menambahkan, ada 12 Aplikasi mengajar untuk guru yang bisa diakses secara gratis diantaranya Canva untuk aplikasi desain grafis online dan publikasi.

"Aplikasi Jamboard merupakan aplikasi papan tulis digital, jadi bapak dan ibu guru bisa gunakan sebagai media untuk menjelaskan materi pembelajaran," sebut Rosnaini Daga.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya