Jangan Bingung, Ini Cara Aplikasi Ulang Sunscreen saat Pakai Makeup

Oleh Switzy Sabandar pada 30 Jul 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 30 Jul 2022, 14:00 WIB
Sunscreen.
Perbesar
Ilustrasi memakai sunscreen. (Foto: Shuttertsock)

Liputan6.com, Yogyakarta - Salah satu rangkaian skincare yang tidak boleh dilewatkan yaitu menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Umumnya, sunscreen diaplikasikan saat pagi hari, dan harus diaplikasikan ulang setiap 2 sampai 3 jam sekali agar kulit terlindungi secara optimal.

Namun, saat menggunakan makeup, sering kali orang bingung cara  aplikasi ulang atau reapply yang benar. Apakah harus menghapus makeup terlebih dahulu atau langsung diaplikasikan di atas makeup?

Seiring berkembangnya dunia per-skincare-an, juga berdampak pada semakin banyaknya jenis sunscreen yang muncul. Beberapa di antaranya bahkan memang dirancang untuk mempermudah saat reapply. Berikut beberapa cara reapply sunscreen ketika sedang memakai makeup:

1. Gunakan sunscreen spray

Sunscreen spray tergolong jenis sunscreen yang praktis untuk dijadikan 'senjata' saat reapply. Pasalnya, penggunaannya cukup mudah, yakni kamu cukup menyemprotkan sunscreen ke area wajah.

Setelah itu ratakan perlahan agar tidak merusak makeup. Kamu juga bisa membiarkan cairan sunscreen mengering dengan sendirinya.

2. Gunakan sunscreen powder

Sama seperti sunscreen spray, sunscreen powder juga cenderung lebih praktis. Sesuai namanya, sunscreen powder adalah sunscreen berbentuk bedak.

Cara pemakaiannya pun sama seperti memakai bedak. Pertama, bersihkan wajah dengan tisu atau kertas minyak, kemudian aplikasikan sunscreen powder.

Umumnya, sunscreen powder memiliki shade translucent atau tidak berwarna. Jadi, hal tersebut tidak akan merusak makeup dan tidak akan mengubah tone warna kulit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Setelah Wudu

3. Gunakan setelah wudu

Setelah wudu, kamu bisa mengaplikasikan sunscreen yang biasa kamu gunakan. Caranya, keringkan wajah dengan tisu, kemudian semprotkan face mist terlebih dahulu agar wajah lebih segar.

Setelah itu, gunakan sunscreen sebanyak dua jari. Kemudian, kamu bisa meratakannya dengan beauty blender yang sudah dibasahi atau langsung meratakannya dengan tangan.

4. Touch-up dengan bedak

Selalu bawa compact powder ataupun bedak tabur yang mengandung SPF saat sedang bepergian. Kamu bisa menggunakan bedak tersebut untuk reapply sunscreen.

Caranya, usap secara perlahan keringat dan minyak yang menempel di wajah dengan tisu kering atau kertas minyak. Selanjutnya, kamu bisa mengaplikasikan bedak ke wajah.

 

Penulis: Resla Akanita Chak

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya