Sukses

7 Lokasi di Yogyakarta Ini Cocok untuk Para Penikmat Senja

Jangan lupa untuk mengajak teman-teman atau orang tersayang untuk mampir ke beberapa lokasi berikut:

Liputan6.com, Yogyakarta - Menikmati matahari terbenam menjadi aktivitas favorit banyak orang. Langit sore atau yang lebih populer disebut langit senja, seolah bisa menghipnotis siapa saja dengan kecantikannya.

Terdapat banyak spot di Yogyakarta yang bisa dijadikan lokasi untuk menikmati senja. Jangan lupa untuk mengajak teman-teman atau orang tersayang untuk mampir ke beberapa lokasi berikut:

1. Candi Ijo

Candi ini terletak di dataran tinggi dan berbatasan dengan laut. Berada di atas Bukit Hijau alias Gumuk Ijo yang berketinggian sekitar 400 Mdpl, lokasi ini sangat cocok dijadikan spot untuk menikmati sunset.

Kamu juga bisa memotret area pantai Parangtritis dan persawahan dari lokasi Candi Ijo. Candi ini berlokasi di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

2. Candi Ratu Boko

Candi ini juga disebut Situs Ratu Buko karena bangunan ini merupakan reruntuhan istana. Hal itulah yang menyebabkan bentuk candi di sini tidak menyerupai candi pada umumnya.

Kamu dapat melihat tempat bersejarah, seperti Sumur Suci sedalam 2 meter dan Candi Pembakaran di dalam kompleks Situs Ratu Buko. Tersedia beberapa tempat duduk untuk beristirahat.

Selain bisa menikmati matahari terbenam, di sini pengunjung juga bisa melihat kereta api yang melintas. Candi Ratu Boko berlokasi di Jalan Raya Piyungan-Prambanan Nomor 2, Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nglanggeran

3. Embung Nglanggeran

Meskipun namanya telaga buatan, tapi Embung Nglanggeran ini instagramable dan bisa jadi tempat bersantai yang nyaman. Letaknya di atas bukit dengan permukaan air yang tenang, membuat suasana terasa damai.

Berlatar Gunung Api Purba Nglanggeran yang apik, Embung Nglanggeran benar-benar membuat betah siapapun yang singgah. Kamu bisa menikmati sunset yang indah di Embung Nglanggeran yang berlokasi di Nglanggeran Wetan, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta.

4. Gumuk Pasir Parangkusumo

Berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo, seolah merasakan menjelajah padang pasir di Timur Tengah. Hamparan pasir dengan luas kurang lebih 2 km membentang dengan dihiasi tanaman kaktus dan cemara.

Warna langit jingga saat sore yang berpadu dengan warna pasir, menambah kesan cantik. Gumuk Pasir Parangkusumo berlokasi di Jalan Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta.

5. Pantai Kesirat

Menikmati senja sambil berkemah, bisa menjadi aktivitas 'healing' yang bisa dilakukan. Tebing hijau yang menghadap ke arah laut, membuat tempat ini sangat nyaman sekaligus indah.

Pantai Kesirat berlokasi di Dusun Karang, Desa Girikarto, Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta. Saat sore tiba, kamu akan dimanja dengan keindahan sunset dan suara debur ombak dari kejauhan.

 

3 dari 3 halaman

Puncak Becici

6. Puncak Becici

Puncak Becici atau Puncak Pinus Becici berlokasi di Gunungcilik, RT.07/RW02, Gn. Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Saat siang hari, pengunjung bisa menikmati aneka wahana outbound yang menantang serta menikmati berbagai spot foto.

Saat sore hari, menikmati senja sambil berkemah tentu menjadi hal yang menarik untuk dilakukan. Tak hanya itu, tempat ini juga memiliki fasilitas jip.

7. Puncak Suroloyo (Suroloyo Peak)

Puncak Suroloyo benar-benar akan membuat kamu merasa di puncak kota karena letaknya di titik tertinggi Perbukitan Menoreh. Dari puncak inilah, keindahan sunset dapat dinikmati.

Jika cuaca cerah, pengunjung dapat melihat panorama Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing sekaligus. Selain dimanjakan dengan pemandangan menarik, pengunjung juga dapat menambah wawasan karena banyak tempat petilasan dan lokasi bersejarah di sepanjang jalur menuju puncak.

Kamu bisa menikmati sunset di Puncak Suroloyo yang berlokasi di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Tidak jauh dari sana, juga terdapat Kedai Kopi Menoreh Pak Rahmat.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.