Tips Jitu Belajar Daring dengan Literasi Digital

Oleh Fauzan pada 26 Jul 2022, 13:03 WIB
Diperbarui 26 Jul 2022, 13:16 WIB
Peran Literasi Digital dalam Pembelajaran Online
Perbesar
Peran Literasi Digital dalam Pembelajaran Online

Liputan6.com, Makassar - Literasi Digital sekarang ini memiliki peran sangat penting, terutama dalam menyikapi perkembangan dunia digital yang cukup pesat. Apalagi di era Pandemi Covid-19, seluruh aktivitas belajar dan bekerja pun dilakukan secara daring. 

Mengingat hal itu, Kementerian Komunikasi dan Siber Kreasi menggelar webinar dengan tema 'Sukses Belajar Online dengan kemampuan Literasi Digital' kepada para Guru dan Tenaga Kependidikan tingkat SMA Cab. Disdik 5, 7 & 8, yang meliputa Pare-pare, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai, Jeneponto, Takalar, Barru & Pinrang.

Kegiatan tersebut menghadirkan Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel Harpansa, Founder #KelasBebasBicara & Dosen Ilmu Komunikasi Yudha Prawira Hasta dan Wakil Sekretaris ISKI Sulsel Janisa Pascawati sebagai pemateri. 

Founder #KelasBebasBicara & Dosen Ilmu Komunikasi Yudha Prawira Hasta, menjelaskan tentang Pola Komunikasi Cakap Digital diantaranya yaitu Cermat memilih metode dan media syang tepat dan sesuai karakteristik materi, dan tujuan yang akan dicapai.

"Aktif dalam memberikan istruksi atau petunjuk kepada peserta didik, Kreatif dalam mendesain pembelajaran dengan model gamification, kemudian guru perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi untuk pembelajaran seperti memanfaatkan dan mengkolaborasikan media pembelajaran digital," ujar Yudha

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya