Sukses

Gerakan Menanam Mangrove TNI AL, Turut Menjaga Ekosistem Laut Mamuju

Lanal Mamuju menjadi salah satu lokasi penanaman mangrove serentak yang dilakukan TNI Angkatan Laut bersama rakyat.

Liputan6.com, Mamuju Lanal Mamuju menjadi salah satu lokasi penanaman mangrove serentak yang dilakukan TNI Angkatan Laut bersama rakyat. Penanaman itu dalam rangka memperingati hari mangrove sedunia dimana TNI AL mengambil tema 'The Mangroves Save Our Earth'.

Danlanal Mamuju, Letkol Marinir Antonius Temmy Irawan mengatakan, penanaman mangrove ini merupakan amanat dari Presiden yang ditindaklanjuti KASAL untuk menjalin solidaritas dengan unsur pertahanan dan keamanan negara. Dan juga untuk mewujudkan sinergitas dan menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL.

"Penanaman mangrove dilaksanakan juga dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77," kata Temmy kepada wartawan, Selasa (26/07/22).

Temmy menambahkan, tujuan penanaman mangrove untuk menjaga lingkungan agar tidak terjadi abrasi. Terkhusus di Mamuju, tidak semua pantai memiliki tanggul penahan ombak sehingga sangat rentan abrasi ketika dihantam ombak tinggi.

"Sehingga pantai kita tidak mudah terkena bencana. Bahkan magrove ini bisa menyerap gas emisi karbon dioksida maupun efek dari rumah kaca," ujar Temmy.

Sebanyak 5000 bibit magrove ditanam dalam kegiatan ini yang disebar ke tiga lokasi penanaman, yakni 1500 di Pantai Simboro, 1500 di Pantai Rangas dan 2000 di Pantai Jalarangas Mako Lanal Mamuju. Mangrove sangat bermanfaat bagi ekosistem laut.

"Kepada segenap masyarakat di Mamuju dan juga masyarakat di Sulbar, mari kita bersama-sama menjaga lingkungan kita, bersama-sama menanam mangrove, semoga apa yang kita tanam ini membuahkan hasil yang baik," tutup Temmy.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.