Sukses

Dukung UMKM Kembangkan Pangsa Pasar, Pesta Rakyat Simpedes Hadir di Medan

Rakyat Simpedes (PRS) 2022 digelar di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Medan jadi kota kedua setelah Malang digelarnya PRS yang dipersembahkan oleh Tabungan BRI Simpedes.

Liputan6.com, Medan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 digelar di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Medan jadi kota kedua setelah Malang digelarnya PRS yang dipersembahkan oleh Tabungan BRI Simpedes.

Di Medan, PRS diadakan di Lapangan Benteng Medan sejak 22 hingga 24 Juli 2022 dengan menghadirkan beragam kegiatan, mulai dari pasar murah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hingga beragam hiburan dan kuliner.

Acara ini merupakan kegiatan tahunan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang diselenggarakan untuk mendukung UMKM dalam mengembangkan pangsa pasar mereka.

Assistant Manager Micro Business Departement Regional Office Medan, Ismail Ghafur Daulay mengatakan, UMKM yang turut serta di Pesta Rakyat Simpedes di Medan tak hanya binaan BRI saja, juga diikuti dari UMKM lain.

"Beberapa di antaranya dari Dinas Koperasi dan Bank Indonesia," kata Ismail, Minggu (24/7/2022).

Tak hanya sekadar meramaikan dan menjadi peserta bazar, pelaku UMKM juga diajak mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat membantu mereka mengembangkan produk.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Semangat Majukan UMKM

Diterangkan Ismail, selama Pesta Rakyat Simpedes berlangsung, dalam sehari ada 3 kelas yang diadakan, seperti workshop, kelas UMKM, disusul dengan inklusi keuangan. Fungsinya supaya masyarakat semakin peduli tentang UMKM.

"Juga lebih semangat lagi memajukan UMKM lokal," ujarnya.

BRI melaui Tabungan Simpedes hadir untuk membawa sektor usaha melalui program PeDe, untuk memimpin perubahan. Lebih dari 2 tahun masa pandemi, perilaku masyarakat berubah begitu cepat. Mobilitas menjadi terbatas, pemberlakuan social distancing hingga budaya digital menjadi tatanan kehidupan baru di masyarakat.

"UMKM yang bertahan adalah yang mampu beradaptasi dengan berbagai cara, di antaranya melalukan pemasaran secara online, berinovasi, efisiensi biaya produksi hingga diserfikasi bisnis," terangnya.

3 dari 4 halaman

Momentun untuk Bangkit

Disebutkan Ismail, saat ini mobilitas masyarakat berangsur normal. Aktivitas bisnis kembali menggeliat, sehingga ini adalah momentum tepat bagi UMKM untuk bangkit

Dalam menghadapi perubahan, UMKM bersama Simpedes PeDe memimpin dan lebih tangguh menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang semakin cepat dan berskala besar di masa depan.

"Cara Simpedes Pede bisa memimpin perubahan adalah melalu beberapa inovasi," ucapnya.

Pertama, lanjut Ismail, PeDe mengelola keuangan. Dengan fitur perencanaan keuangan Simpedes Bisa, UMKM dapat mewujudkan impian dan mempersiapkan tabungan di masa depan.

Lalu, PeDe Berbisnis. Dengan fitur pemberdayaan link UMKM, bisa dapat pelatihan rutin untuk mengembangkan usaha. Dengan fasilitas BRImo bisa lebih mudah lakukan transaksi, dan fasilitas QRIS bisa menerima pembiayaan digital

"Selanjutnya Pede Bekerja. Dengan fitur proteksi Simpedes Bisa tidak perlu khawatir mencoba tantangan baru dalam bekerja. Simpedes Bisa memberikan proteksi untuk yang bergerak tanpa batas," terangnya.

4 dari 4 halaman

Hiburan Meriahkan Acara

Pesta Rakyat Simpedes yang digelar di Lapangan Benteng Medan juga dimeriahkan beberapa band ternama Indonesia sebagai bintang tamu, seperti Jamrud, Tipe-X, Wali, hingga Slank.

Penyelenggara Acara, Denny Indra mengatakan, Pesta Rakyat Simpedes tidak hanya sekadar event yang dibuat dengan menghadirkan konser, tetapi sebenarnya lebih menerapkan konsep 6P, yaitu Panggung, Pasar, Pawai, Pojok Eksis, Peduli.

Sejak Senin, 18 Juli 2022, pihaknya sudah keliling pasar-pasar tradisional yang ada di Kota Medan untuk menggandeng masyarakat supaya lebih peduli lagi tentang literasi digital, terutama transaksi menggunakan QRIS yang sesuai dengan program pemerintah.

Para pelaku UMKM yang turut serta di Pesta Rakyat Simpedes juga cukup senang dan antusias berpartisipasi. Beberapa UMKM yang turut serta mengaku mereka sangat senang bisa ikut serta.

"Antusias masyarakat untuk datang ke Pesta Rakyat Simpedes cukup tinggi, hal tersebut terlihat dari data pengunjung selama acara berlangsung," sebutnya.

Setelah Medan, Pesta Rakyat Simpedes nantinya akan berlanjut ke kota lain seperti Semarang, Tasikmalaya, Palembang, Lampung, Bandung, Makassar, Sidoarjo, Denpasar, Sleman, dan beberapa kota lainnya.

"Ini event tahunan yang sengaja dihadirkan untuk mengajak seluruh masyarakat, khususnya nasabah BRI Simpedes untuk dapat berkarier, berelasi, dan juga mengelola keuangan dengan baik," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.