Kasus Covid-19 Naik Lagi, Begini Tips Bebas Jerawat Saat Pakai Masker

Oleh Switzy Sabandar pada 23 Jul 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 06 Agu 2022, 14:55 WIB
Ilustrasi Masker KN95
Perbesar
Ilustrasi masker KN95. (dok. Unsplash.com/Markus Winkler)

Liputan6.com, Yogyakarta - Sejak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, pemerintah telah mewajibkan warga Indonesia untuk memakai masker. Meski penggunaan masker sempat dilonggarkan, Pemerintah kembali menarik kebijakan tersebut seiring kenaikan kasus covid-19 beberapa waktu terakhir.

Penggunaan masker memang bermanfaat mencegah risiko penularan virus Corona, sayangnya penggunaan masker selama berjam-jam ternyata dapat menimbulkan sejumlah masalah pada kulit wajah, salah satunya jerawat.

Kurangnya sirkulasi udara saat memakai masker menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Akibatnya, kulit menjadi lembab dan pori-pori tersumbat.

Untuk mengatasi hal itu, simak beberapa tips berikut agar wajah terhindar dari jerawat saat pakai masker:

1. Pilih bahan masker yang tepat

Kain katun merupakan bahan yang ramah kulit. Seratnya cukup tebal untuk mencegah penyebaran virus tapi tetap breathable dan nyaman.

Selain katun, masker dari bahan sutra juga direkomendasikan. Hanya saja seratnya terlalu tipis dan harus menggunakan lebih dari satu masker agar mendapatkan proteksi lebih dari virus.

Selain itu, gunakan masker yang pas di wajah. Jika memakai masker terlalu kencang dikhawatirkan dapat menyebabkan gesekan berlebihan yang bisa menimbulkan jerawat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut:


Perhatikan Cara Mencuci

2. Perhatikan cara pencucian

Proses pencucian juga perlu diperhatikan. Pilih detergen lembut yang tidak mengandung pelembut atau pengharum agar tidak meninggalkan residu pada masker.

Terpenting, pastikan masker kering sempurna. Masker yang lembab dapat menimbulkan masalah pada kulit.

3. Sering mengganti masker

Secara general, jika memakai masker sebisa mungkin jangan memakai makeup karena penumpukannya bisa mengakibatkan clogging dan jerawat. Namun, kalau tetap ingin menggunakan make up, usahakan untuk membawa masker cadangan dan mengganti masker setiap 1-2 jam sekali.

4. Pilih komposisi skincare yang tepat

Pilih produk skincare yang fokus memperbaiki skin barrier. Produk-produk dengan kandungan ceramide, centella asiatica, squalane, probiotic, oatmeal, fatty acids, serta humectants seperti glycerin dan hyaluronic acid bisa menjadi pilihan.

5. Segera bersihkan wajah saat sampai di rumah

Setelah beraktivitas seharian dengan menggunakan masker, usahakan untuk segera membersihkan wajah. Lakukan double cleansing agar kulit segar dan terawat kembali.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya