Sukses

5 Kesalahan Make Up yang Bikin Wajah Terlihat Lebih Tua

Berikut beberapa kesalahan make up yang harus dihindari

Liputan6.com, Yogyakarta - Bagi perempuan, merias wajah sudah menjadi kegiatan rutin harian yang jarang dilewatkan. Apalagi, saat ini tampilan make up sudah semakin beragam, mulai dari makeup "bold" atau sekadar no make up make up look.

Sentuhan make up pada wajah dapat membuat wajah terlihat lebih segar. Beberapa teknik menggunakan make up dapat menutupi segala ketidaksempurnaan yang ada di wajah.

Namun, beberapa kesalahan dalam ber-makeup justru membuat tampilan makeup menjadi tak sesuai ekspektasi, salah satunya membuat tampilan wajah tampak lebih tua. Berikut beberapa kesalahan make up yang harus dihindari:

1. Terlalu sering eksfoliasi sebelum make up

Eksfoliasi adalah proses perawatan wajah yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati. Eksfoliasi cukup dilakukan 2-3 minggu sekali.

Jika eksfoliasi terlalu sering dilakukan, maka akan membuat kulit menjadi sensitif dan terkesan terlalu licin. Hal itu akan membuat produk complexion makeup menjadi susah menempel pada kulit.

Parahnya, jika terlalu sering eksfoliasi, produk make up yang kamu kenakan akan mudah longsor. Tentu hal itu akan sangat mengganggu, apalagi jika kamu sedang berada di tengah acara.

2. Terlalu banyak menggunakan foundation atau base make up

Ada berbagai macam base makeup, sebut saja foundation, bb cream, dan cushion. Tingkat coverage-nya pun beragam, ada yang medium hingga full coverage.

Hindari menggunakan base makeup berlapis karena akan membuat makeup rawan retak (cakey) dan patchy. Patchy merupakan kondisi di mana base makeup yang digunakan justru menampakkan tekstur kulit menjadi lebih jelas dan berpotensi membuat wajah lebih tua.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salah Teknik Maskara

3. Salah teknik pakai maskara

Hindari mengaplikasikan mascara di lower lashes sama seperti di upper lashes. Hai itu dapat membuat bulu mata terlihat menggumpal.

Sebaiknya, aplikasikan maskara di lower lashes secara vertikal. Dengan demikian, bulu mata bagian bawah akan lebih menonjol.

4. Salah penempatan highlighter

Kesalahan dalam penempatan highlighter dapat membuat pori-pori dan tekstur wajah terlihat lebih jelas. Sebaiknya, aplikasikan highlighter di titik tertinggi wajah seperti, tulang pipi, hidung, dan lekukan di bagian tengah bibir atas (cupid bow).

5. Tidur tanpa membersihkan make up

Kebiasaan tidur tanpa membersihkan make up harus dihindari. Sisa make up pada wajah bisa menimbulkan jerawat dan merusak kulit.

Sebaiknya, selalu lakukan double cleansing setelah make up. Tidur dalam keadaan wajah yang bersih dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.